Hubungan Self Regulated Learning Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa

Rukiana Novianti Putri(1*), Ana Fitriani(2),

(1) Muhammadiyah Makassar University
(2) Muhammadiyah Makassar University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v10i2.37821

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self regulated learning terhadap motivasi berprestasi mahasiswa pengurus Organisasi Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis uji statistik korelasi product moment. Subjek penelitian sebanyak 103 mahasiswa yang terbagi kedalam beberapa organisasi kemahasiswaan di lingkup Universitas Muhammadiyah Makassar. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pada variabel self regulated learning terdapat 15% subjek yang berada pada kategori tinggi, 72% subjek yang berada pada kategori sedang, 13% subjek yang berada pada kategori rendah. Selanjutnya pada variabel motivasi berprestasi data menunjukkan terdapat 19% subjek yang berada pada kategori tinggi, 63% subjek yang berada pada kategori sedang, 18% subjek yang berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat hubungan positif antara self regulated learningdengan motivasi berprestasi mahasiswa pengurus lembaga kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Makassar dengan nilai signifikansi 0,001 dimana nilai p < 0,05. Hal ini berarti, semakin semakin tinggi self regulated learning mahasiswa maka semakin tinggi motivasi berprestasinya. 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 117 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rukiana Novianti Putri, Ana Fitriani

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics