MOTIVASI SISWA SD MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR OMAH SINAU BLORA
(1) Muria Kudus University
(2) Muria Kudus University
(3) Muria Kudus University
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20404
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi siswa yang mengikuti bimbingan belajar Omah Sinau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Desa Jejeruk Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Subyek penelitian ini yaitu 3 siswa dengan hasil belajar rendah dan 3 siswa dengan hasil belajar tinggi, orang tua siswa yang dikategorikan berdasarkan latar belakang pendidikan dan pekerjaan, dan tutor. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi penelitian. Wawancara dilaksanakan dengan siswa, tutor, dan orang tua. Analisis data menggunakan model Milles and Huberman yakni analisis dilakukan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dengan hasil belajar rendah dan hasil belajar tinggi sama-sama memiliki motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik, tetapi yang membedakan yaitu faktor internal dari dalam diri siswa. (2) pekerjaan orang tua tidak mempengaruhi siswa dalam meningkatkan motivasi belajar. Karena orang tua pekerja dan ibu rumah tangga memiliki andil yang sama dalam mengikut sertakan siswa mengikuti bimbingan belajar. (3) Latar belakang pendidikan orang tua tidak menjadi penghalang untuk membantu siswa meningkatkan motivasi belajar. Karena keterbatasan pengetahuan orang tua untuk mengimbangi tingkat belajar siswa.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 229 times | PDF view : 96 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Titania Mega Angayomi, Irfai Fathurohman, M Syafruddin Kuryanto
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .