PENGEMBANGAN STRUKTUR MATERI PELATIHAN TIK BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Aah Ahmad Syahid(1*),

(1) Univeristas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v7i2.10838

Abstract


Pendidikan 4.0 menuntut guru sekolah dasar harus mampu mengintegrasikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan dan pembelajaran, oleh karena itu memiliki keterampilan dalam menggunakan TIK adalah sebuah keharusan. Paper ini membahas tentang hasil penelitian yang memiliki tujuan untuk mengembangkan kurikulum pelatihan TIK agar guru menjadi profesional. Penelitian multitahun ini terlaksana sejak tahun 2015 hingga tahun 2019 dengan menggunakan metode R&D untuk; analisis kebutuhan, pengembangan struktur kurikulum dan pengembangan materi pelatihan. Pada hasil penelitian ini telah terbentuk struktur materi kurikulum pelatihan berupa susunan materi pelatihan yang dibutuhkan oleh guru sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan menggunakan TIK dalam pembelajaran. Kurikulum pelatihan ini diharapkan dapat terlaksana dalam bentuk pelatihan yang efektif karena disusun berdasarkan kebutuhan guru dalam keterampilan TIK untuk pembelajaran di sekolah dasar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 23 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.