PENGARUH KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI, KEPUASAN KERJA, DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH LENTERA HARAPAN SANGIHE

Edeline Ersanko Pratiwi(1*),

(1) PELITA HARAPAN UNIVERSITY
(*) Corresponding Author



Abstract


Kepemimpinan yang melayani dapat efektif dijalankan jika pemimpin mampu mengambil keputusan yang tepat dalam segala kondisi dan situasi. Kepemimpinan yang melayani dan kepuasan kerja berperan untuk motivasi intrinsik guru sehingga memiliki pengaruh terhadap kinerja guru di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh positif kepemimpinan yang melayani, kepuasan kerja dan motivasi intrinsik terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian berjumlah 31 responden. Metode pengolahan data menggunakan analisis jalur (path analysis) Smart-PLS dan metode statistik deskriptif. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan (1) kepemimpinan yang melayani berpengaruh positif terhadap motivasi intrinsik, (2) kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap motivasi intrinsik, (3) motivasi intrinsik berpengaruh positif terhadap kinerja guru, (4) kepemimpinan yang melayani berpengaruh positif terhadap kinerja guru, dan (5) kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru.

Kata kunci : kepemimpinan yang melayani, kepuasan kerja, motivasi intrinsik, dan kinerja guru.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 652 times | PDF view : 310 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edeline Ersanko Pratiwi

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics