MENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA (REDOKS) SISWA KELAS XII TKR SMK NEGERI 1 SUMARORONG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MATERI BERBASIS KONTEKSTUAL

Kristina Banne(1*),

(1) SMK Negeri I Sumarorong
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v5i1.8223

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang difokuskan untuk memperbaikan praktek
pembelajaran yang kurang efektif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT
(Numbered Head Together) melalui materi berbasis kontekstual pada materi pokok Reaksi Reduksi
dan Oksidasi (Redoks). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sumarorong pada kelas XI
jurusan Otomotif dengan jumlah Siswa sebanyak 24 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui
hasil observasi oleh seorang pengamat dan tes hasil belajar siswa, kemudian dianalisis secara
kualitatif (rumus percentage of agreement (R) dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan materi yang berbasis kontekstual dapat
meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Siswa. Berdasarkan indikator yang ditetapkan bahwa
keaktivan Siswa dalam proses pembelajaran dikatakan baik jika pensentase reliabilitas yang dicapai
75 %, sedangkan dalam penelitian ini mulai dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan
dan berhasil mencapai 86% pada siklus II. Sementara berdasarkan analisis ketuntasan belajar Siswa
secara klasikal dapat dicapai dengan persentase 83,34% Siswa mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM).


Full Text:

PDF

References


Komalasari, K. (2010). Pembelajaran

kontekstual konsep dan aplikasi.

Bandung: Refika Aditama.

Nana, S. (2001). Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar, Cetakan ketujuh,

Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Nurfarida, K. (2011). Efektivitas

Pembelajaran Kooperatif Tipe

Numbered Heads Together (NHT)

dengan Pendekatan Problem Based

Learning (PBL) terhadap Hasil

Belajar Matematika Siswa Kelas VII

SMP Negeri 15 Yogyakarta.

Universitas Islam Negeri Kalijaga.

Suryana, T. (2016). Peningkatan Hasil

Belajar Kimia Siswa Melalui

Penggunaan Model Pembelajaran

Kooperatif Student Teams

Achievement Divisions (STAD)

Berorientasi Chemoentrepreneurship

(CEP) Menggunakan Praktikum

Aplikatif Berbasis Life Skill.

Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan

Dan Pengajaran, 2(1), 1–8.

Trianto, M. P. (2010). Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif-Progresif:

Konsep, Landasan dan

Implementasinya pada kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Jakarta: Kencana.

Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran

inovatif kontemporer. Jakarta: bumi

aksara.

Wijayanti, D. D. (2014). Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di

Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

(2).


Article Metrics

Abstract view : 132 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.