MENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA (REDOKS) SISWA KELAS XII TKR SMK NEGERI 1 SUMARORONG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MATERI BERBASIS KONTEKSTUAL
(1) SMK Negeri I Sumarorong
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v5i1.8223
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang difokuskan untuk memperbaikan praktek
pembelajaran yang kurang efektif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT
(Numbered Head Together) melalui materi berbasis kontekstual pada materi pokok Reaksi Reduksi
dan Oksidasi (Redoks). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sumarorong pada kelas XI
jurusan Otomotif dengan jumlah Siswa sebanyak 24 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui
hasil observasi oleh seorang pengamat dan tes hasil belajar siswa, kemudian dianalisis secara
kualitatif (rumus percentage of agreement (R) dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan materi yang berbasis kontekstual dapat
meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Siswa. Berdasarkan indikator yang ditetapkan bahwa
keaktivan Siswa dalam proses pembelajaran dikatakan baik jika pensentase reliabilitas yang dicapai
75 %, sedangkan dalam penelitian ini mulai dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan
dan berhasil mencapai 86% pada siklus II. Sementara berdasarkan analisis ketuntasan belajar Siswa
secara klasikal dapat dicapai dengan persentase 83,34% Siswa mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM).
Full Text:
PDFReferences
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran
kontekstual konsep dan aplikasi.
Bandung: Refika Aditama.
Nana, S. (2001). Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar, Cetakan ketujuh,
Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Nurfarida, K. (2011). Efektivitas
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Heads Together (NHT)
dengan Pendekatan Problem Based
Learning (PBL) terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa Kelas VII
SMP Negeri 15 Yogyakarta.
Universitas Islam Negeri Kalijaga.
Suryana, T. (2016). Peningkatan Hasil
Belajar Kimia Siswa Melalui
Penggunaan Model Pembelajaran
Kooperatif Student Teams
Achievement Divisions (STAD)
Berorientasi Chemoentrepreneurship
(CEP) Menggunakan Praktikum
Aplikatif Berbasis Life Skill.
Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan
Dan Pengajaran, 2(1), 1–8.
Trianto, M. P. (2010). Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif-Progresif:
Konsep, Landasan dan
Implementasinya pada kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Jakarta: Kencana.
Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran
inovatif kontemporer. Jakarta: bumi
aksara.
Wijayanti, D. D. (2014). Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di
Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian
Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
(2).
Article Metrics
Abstract view : 132 times | PDF view : 37 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.