ANALISIS USABILITAS MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE PADA SISTEM INFORMASI SMK NEGERI 3 MAKASSAR

Edi Suhardi Rahman(1*), Dyah Vitalocca(2),

(1) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v5i1.8220

Abstract


Pada suatu sekolah tentunya tidak lepas dari suatu sistem informasi. Namun jika dieavluasi dalam penggunaannya masih ada pengguna yang belum mengetahui dengan benar manfaat yang dihasilkan dan kemudahan pengguna sistem informasi tersebut, sehingga berpengaruh terhadap sikap pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana tingkat usabilitas sistem informasi yang ada di SMK Negeri 3 Makassar dengan menggunakan variabel, usefulness, ease of use, ease of learning, dan satisfaction dengan masing-masing indikator. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS dan Microsoft Exel untuk menganalisis variabel-variabel tersebut, dengan jumlah responden sebanyak 86 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke empat variabel yang digunakan dalam pengukuran usability diperoleh hasil dengan tingkat kelayakan untuk variabel usefulness sebesar 84,9%, ease of use sebesar 84,5% dengan kategori sangat berguna, variabel ease of learning dengan persentase 85,5% berada pada kategori sangat mudah dipelajari dan variabel satisfaction dengan persentase 85,3% dengan kategori sangat puas untuk digunakan. Hasil analisis usability secara keseluruhan diperoleh nilai persentase 84,9% dengan ketagori sangat layak.

Full Text:

PDF

References


Amirin, T., 2011, Populasi Dan Sampel Penelitian 4: Ukuran Sampel Rumus Slovin. Erlangga. Jakarta.

Bodnar, George H., William S. Hopwood. 2001, terjemahan oleh Amir Abadi, Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Keenam. Salemba Empat. Jakarta.

Hevner, A.C., March, S., Park, 2004. Design Science in Information Sistem Research. Managemen Information Sistems Quarterly. 28(1). 77-105

Matondang Z, 2009. Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian. p.93. Medan.

M. Eko Widiatmoko, M. Suyanto, Amir Fatah Sofyan, 2015. Analisis Sistem Informasi dengan Pendekatan Usability (Studi Kasus Website STIMIK Amikom Yogyakarta). Jurnal Angkasa. Vol. VII. No. 1.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Suharsimi Arikunto & Cepi S.A.J., 2009. Evaluasi Program Pendidikan, Bumi Aksara. Jakarta.

Wahyu Andika Utama, 2016. Analisis Usability dalam User Experience pada sistem KRS online UMM menggunakan USE Questionnaire. Jurnal JNTETI. Vol.5. No. 4.

W. Ahmad Nurrohman. 2016. Pengembangan dan Analisis Kualitas Sistem Informasi Perijinan Siswa Berbasis Web di SMK Negeri 1 Wonosari. Tugas Akhir. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

____, The ISO website. https://www.iso.


Article Metrics

Abstract view : 655 times | PDF view : 185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.