MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI TEKNIK TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 3 MAKASAR DALAM MELILIT KUMPARAN MOTOR LISTRIK MELELUI PRAKTIKUM INDIVIDU

Janarti Janarti(1*),

(1) SMK Negeri 3 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v5i1.8218

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dan meningkatkan aktivitas dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TITL SMK Negeri 3 Makassar semester tiga (tidak datar) tahun akademik 2017/2018 sebanyak 28 siswa. Implementasi penelitian dilakukan melalui dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif untuk kegiatan observasi dan sikap siswa, sedangkan analisis data kuantitatif untuk tes harian (post-test) dan tes kinerja. Dari hasil analisis data lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan bahwa siswa selalu aktif meminta 34,38%, selalu dijawab oleh 43,75% aktif, selalu-on respons 34,38%, selalu berwirausaha sebesar 40,63%, 75% selalu serius, selalu mampu menyimpulkan pada 65,63%, dan yang selalu mampu menyelesaikan tugas tepat waktu sebesar 71,88%. Dari hasil analisis nilai-nilai sikap, tes harian (post-test) dan skor tes kinerja diperoleh pada penguasaan kompetensi rata-rata siklus I sebesar 71 dengan persentase 71,87%. Selanjutnya, penerapan siklus kedua dari aspek tindakan dari aktivitas yang diamati siswa menemukan bahwa siswa selalu aktif meminta meningkat menjadi 59,38%, selalu pada penjawaban meningkat menjadi 68,75%, selalu aktif merespons meningkat menjadi 78,13%, wirausaha selalu naik menjadi 81,25%, selalu ada peningkatan serius menjadi 93,75%, selalu mampu menyimpulkan meningkat menjadi 90,63%, dan selalu mampu menyelesaikan tugas tepat waktu meningkat menjadi 84,38%. Sementara nilai rata-rata kompetensi pada siklus kedua meningkat menjadi 76 dengan persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 90,62%. Dengan demikian, analisis data pada kedua siklus menunjukkan bahwa peningkatan nilai rata-rata kompetensi siswa pada koil melilit listrik motor. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk melakukan kerja praktek secara individual karena peningkatan kompetensi siswa yang dibungkus motor listrik sangat signifikan.

Full Text:

PDF

References


Jaya, H. (2012). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Paraktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1).

Nasional, D. P. (2006). Pedoman Penyusunan Usulan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PPTK Dan KPT Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Nasution, S. (2000). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. PT. Bina Aksara.

Sani, R. A. (2012). Meningkatkan profesionalisme guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Citapustaka Media Perintis.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Kencana.

Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45–59.

Widodo, G., & Joko, J. (2017). Pengembangan Dan Implementasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek. Innovation of Vocational Technology Education, 11(1).


Article Metrics

Abstract view : 201 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.