PENGARUH PENGUASAAN COMPUTER AIDED DESIGN (CAD) DALAM PENYELESAIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR II

Sri Rahayu(1*), Mithen Lullulangi(2), Bakhrani A. Rauf(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v5i2.7444

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat penguasaan Computer Aided Design (CAD) dalam penyelesaian tugas, 2) Hasil belajar siswa pada Arsitektur Perancangan Studio Kursus II, 3) Pengaruh penguasaan CAD dalam penyelesaian tugas pada hasil pembelajaran mata kuliah desain arsitektur II. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah 29 siswa, menggunakan sampel jenuh sebanyak 29 siswa. Variabel penelitian adalah penguasaan CAD dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik korelasional dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi penguasaan siswa CAD berada pada kategori sangat tinggi yaitu sebanyak 11 responden dengan persentase (38%), dan frekuensi hasil belajar siswa adalah 12 responden dengan nilai 100, dengan persentase (41,4%). %) dalam kategori sangat baik. Pengujian hipotesis dengan analisis regresi sederhana, tabel ANOVA menunjukkan bahwa nilai sigρ = 0,419> dari α = 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwapenguasaan siswa CAD (X) mempengaruhi hasil belajar siswa (Y). Nilai r square (koefisien determinan) = 0,466 atau sebesar 46,6% berarti bahwa besarnya pengaruh penguasaan CAD terhadap hasil belajar siswa adalah 46,6%, dan sisanya 53,4% dipengaruhi oleh variabel lain.


Keywords


Penguasaan, Hasil Belajar, Desain Arsitektur Studio.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.