KUALITAS RANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS KERANGKA KERJA INTEGRASI TPACK (TECHNOLGICAL, PEDAGOGICAL, CONTENT, KNOWLEDGE) MATA KULIAH ELEKTRONIKA ANALOG

Darlan Sidik(1*),

(1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v8i1.32104

Abstract


Masalah utama artikel  adalah rendahnya kualitas rancangan pembelajaran yang berpijak pada kerangka kerja integrasi TPACK buatan Dosen Prodi Teknik Elektronika dan Teknik Elektro FT UNM (PTA, PTE FT-UNM) yang digunakan dalam pembelajaran elektronika analog. Tujuan adalah untuk mengetahui rancangan pembelajaran yang berpijak kerangka kerja integrasi TPACK buatan dosen yang digunakan dalam pembelajaran elektronika analog. Metode adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan penelitian adalah   untuk mengetahui pengaruh rancangan pembelajaran kerangka kerja integrasi  TPACK mata kuliah elektronika analog. Populasi adalah seluruh rancangan pembelajaran mata kuliah elektronika yang terdokumentasikan pada prodi Pendidikan Teknik Elektronika (PTA) dan Prodi Pendidikan Teknik Elektro (PTE) pada tahun kuliah 2019/2020. Sampel yang diteliti adalah semua rancangan pembelajaran buatan dosen PTA dan PTE, sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu rancangan pembelajaran menggunakan kerangka kerja integrasi TPACK dan variabel terikat adalah mata kuliah elektronika analog . Data diperoleh dengan menggunakan lembar instrument kualitas rancangan pembelajaran dengan mencocokkan kerangka kerja   menggunakan instrumen indikator. Tahapan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif prosentase  dan kriteria kuantitatif (Sangat baik, baik, kurang, dan  sangat kurang). Hasil menunjukkan bahwa kualitas rancangan pembelajaran kerangka kerja integrasi TPACK adalah:  (1) Content knowledge (CK) sebesar 74.25% dengan kategori baik,  (2) pedagogical knowledge (PK)  sebesar 52.31% dengan kategori cukup, (3) technological knowledge (TK) sebesar 40,93% kategori kurang, (4)  Technological content knowledge (TCK) sebesar 64.29% kategori baik, (5) pedagogical conten knowledge (PCK) sebesar 51,3%, kategori kurang, dan (6) technological pedagogical knowledge (TPK) sebesar 62,3% kategori baik, dan TPACK sebesar 51,3% kategori cukup. Simpulan hasil ini menunjukkan bahwa kerangka kerja Technological knowledge (TK) memerlukan kajian khusus karena masih berada pada kategori kurang, sedangkan kerangka kerja lainnya berada pada kategori dari cukup hingga baik sehingga rancangan pembelajaran yang dibuat oleh dosen dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada prodi PTA,PTE FT UNM.


Keywords


Rancangan Pembelajaran, Kerangka kerja, TPACK, Elektronika Analog.

Full Text:

PDF

References


Barber, M., & Mourshed, M. (2007). How the World’s Best Performing Schools Come Out on Top. New York : McKinsey & Company.

Chai, C. -S., Koh, J. H. -L., & Tsai, C. -C. (2013). A Review of Technological Pedagogical Content Knowledge. EducationalTechnology & Society, 16 (2), 31–51.

Chang, M., S. Shaeffer, S. Al-Samarrai, A. Ragatz, J. de Ree and R. Stevenson. (2014). Teacher Reform in Indonesia: The Role of Politics and Evidence in Policy Making. Directions in Development, No. 16355. Washington, DC: World Bank.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kerja (PMPTK). (2008). Data Basis Guru. SIMPTK 2006 PMPTK (Direktorat Jenderal PMTK).

Harris, J. B., & Hofer, M. J (2011). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) in Action : A Descriptive Study of Secondary Teachers’ Curriculum Base, Technology – Related Instructional Planning. Journal of Research on Technologi in Education, 43 : pp. 211- 229.

Hayati, D. K., Sutrisno, & Lukman, A. (2014). Pengembangan Kerangka Kerja TPACK pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dalam Mencapai HOTS Siswa Edusains, 3: 53- 61.

Fitri Rahmadia, (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Journal of Civics and Education Studies p-ISSN 2302-0865 | e-ISSN 2621-346X 65,pp. 36.

Hewitt, J. (2008). Reviewing the handbook of technological pedagogical pedagogical content knowledge (TPACK) for educators. Canadian Journal of Science, Mathematics, and Technology Education, 8 (4), 355 – 360.

Hofer, Mark dan Judi Harris. (2012). “TPACK Research with Inservice Teachers: Where’s the TCK?. Proceedings of Society for Information Technology & Teacher Education International Conference”, (Online), (http://www.editlib.org/p/40 52., diakses pada 10 Januari 2019 http://ukg.kemdikbud.go.id. Diakses pada 25 januari 2019/17.40

Joope De Ree, dkk. (2012). Penelitian untuk Bank Dunia, “Transforming Indonesia’s Teaching Force.”http://www.worldbank.org/in

Joko Suyamto, Mohammad Masykuri, Sarwanto. (2020). Kemampuan TPACK (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Pendidikan IPA Vol. 9, No. 1, 2020.pp.44-53 P-ISSN: 2252-7893 E-ISSN: 2615-7489. https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri DOI: 10.20961/inkuiri.41381.

M. J., & Mishra, P. (2008). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education. CITE Journal, 9(1), 60-70.

Lestari, Suci. (2015). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada Guru Biologi SMA dalam Materi Sistem Saraf. Seminar Nasional XXI Pendidikan Biologi FKIP UNS. 557- 563.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Prenada Media dan Pustekom Diknas.

Mishra, P. dan M. J. Koehler. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record. 6 (108): 1017-1058.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc. Retrieved from. http://webapp1.dlib.indiana.edu/virtu al_disk_library/index.cgi/4273355/FI D3542/DOCS/ENC2280/28023310.

HTM Oyanagi, W. And Satake, Y. (2016). Capacity Building in Technological pedagogical Content Knowledge for Preservise Teacher. International Journal for Educational Media and Technology, 10 (1), 33 – 44.

Reiser, R and Gagne, R. M. (2008). The selection of Media for Instruction. Englewood Cliffs, Nj. Educational Technology Publications.

Ridla, M. (2008). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran. Tadris, 3(1), 30–44.

Sharon E. Smaldino, Deborah, L Lowther, James D, Russel, (2011) Instructional Technology & Media For Learning. Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit. Kencana Prenadamedia Group.

Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Schmidt A., Denise dkk. (2009). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers. Journal of Research and Technology Education, XLII (2): 123– 149.

Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand, Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher Vol. 15, No, 2, Page 4-14.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA. 2012 (cet. 15).


Article Metrics

Abstract view : 130 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.