PENGARUH PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENCE) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SALON MAHKOTA DI KOTA MAKASSAR

Rika Riwayani(1*),

(1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v8i2.26555

Abstract


Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dan kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Gambaran tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan prima pada Salon Mahkota di Kota Makassar, 2) Gambaran kepuasan pelanggan Salon Mahkota di Kota Makassar, 3) Pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan Salon Mahkota di kota Makassar. Metode, yaitu: observasi,  angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah : Analisis Kuantitatif, Uji Determinasi, Uji t. Hasil penelitian ini disimpulkan sebagai berikut : 1) Gambaran pelayanan prima Salon Mahkota di Kota Makassar tergolong sangat setuju, karena diperoleh pada hasil pesentase skala likert secara keseluruhan sebesar 89,94% sangat setuju, dengan indikator pelayanan prima reability ,response viness, emphaty, assurance, tangible. 2) Gambaran kepuasan pelanggan di Salon Mahkota Kota Makassar tergolong dalam kategoi sangat setuju karena di peroleh pada hasil persentase skala likert secara keseluruhan 88,87% yang berarti tingkat kepuasan pelanggan sangat tingggi dengan indikator yakni mutu produk / jasa, mutu pelayanan, harga, waktu pelayanan dan keamanan. 3) Ada pengaruh positif antara pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan di Salon Mahkota di Kota Makassar yang dilihat dari gambaran deskripsi pelayanan prima dan kepuasan pelanggan yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Berdasarkan nilai dari analisi regresi lineart sederhana adalah 4,806 yang berarti tingkat pengaruh pelayanan prima dan kepuasan pelanggan di Salon Mahkota adalah tergolong sangat tinggi.


Keywords


Kepuasan Pelanggan, Pelayanan Prima Salon Mahkota

Full Text:

PDF

References


Assail H (1998) Counsumen Behavior and Marketing Action 6 th edition . New York: Internation Thomson Publishing.

Engel , J.F.et al (1990), Customer Behavior, 6 th ed. Chicago: the Dryden press Chicago. 1990

Kasmir, 2011, “Analisis Laporan Keuangan”, Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jilid 1 dan 2. Erlangga. Jakarta

Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara

Rangkuti, Freddy. 2010.Analisi SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis . Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiarto, 2002, Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 205 times | PDF view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.