PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 3 MAKASSAR TAHUN 2014-2015 SEMESTER IV

Alim Bahri(1*),

(1) SMK Negeri 3 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v3i1.2621

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran gambar konstruksi bangunan siswa kelas XI Program Studi Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Makassar 2014-2015 setelah diterapkan penggunaan metode pembelajaran quantum teaching. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Makassar, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Gambar Bangunan sebanyak 31 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart , metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran quantum teaching. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan, setelah itu siswa melakukan kegiatan diskusi dalam kelompok dan menggambar lembar kerja pada job sheet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa dalam kelompok mengalami kenaikkan dari tiap siklusnya, yaitu kelompok I 62,5% menjadi 87,5%; kelompok II 66,67% menjadi 100%; kelompok III 65,5%menjadi 93,75; kelompok IV 62,5% menjadi 100%; kelompok V 83,3% menjadi 93,75%; kelompok VI 62,5% menjadi 91,67%; kelompok VII 56,3% menjadi 87,5% dan kelompok VIII 75% menjadi 100%%. Aktivitas keterlaksanaan metode pembelajaran quantum teaching meningkat dari tiap aktivitas, Prestasi belajar siswa naik dari tiap siklusnya. Hasil postest pada siklus I siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebanyak 12 siswa atau 41,38%, sedangkan pada siklus II sebanyak 23 siswa atau 79,31% dan hasil menggambar pada siklus I siswa sebanyak 11 siswa atau 37,93%, sedangkan pada siklus II sebanyak 26 siswa atau 89,66%.
Kata Kunci: metode pembelajaran quantum teaching, motivasi belajar, dan prestasi belajar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 152 times | PDF view : 172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.