DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS PADA KELAS VII D SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA

Ratnawati Ratnawati(1*),

(1) SMP Negeri 4 Sungguminasa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v3i1.2619

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu media pembelajaran berbasis link dengan menggunakan WordPress dan mengetahui efektivitas media pembelajaran yang telah dibuat apakah dapat meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian desain dan pemanfaatan media pembelajaran sedangkan subjek penelitian ini adalah media pembelajaran. Media pembelajaran ini dibuat melalui beberapa tahapan, dimulai dari tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Uji coba produk penelitian ini melalui beberapa proses yaitu uji ahli, uji teman sejawat dan uji kelompok terbatas. Informasi pada penelitian ini diperoleh dari pihak ahli media, teman sejawat dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kusioner sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Perancangan media pembelajaran berbasis link dilakukan dengan mendesain sebuah web untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Teknik pemanfaatannya dilakukan dengan cara mengaplikasikan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji ahli, uji teman sejawat, dan uji kelompok terbatas diketahui bahwa media pembelajaran ini layak untuk diterapkan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dan uji coba menyatakan bahwa media pembelajaran ini menarik, interaktif dan bersifat user friendly, serta hasil uji kelompok dengan gain 355 yang menyatakan bahwa media pembelajaran ini meningkatkan minat belajar siswa dengan persentasi 9,47 %.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Berbasis Link, WordPress, Pelajaran IPS


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 182 times | PDF view : 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.