MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PERSIAPAN GRAFIKA 3 MELALUI PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP SETTING KOOPERATIF TIPE STAD DI SMK NEGERI 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Zaenab Zaenab(1*),

(1) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v3i1.2614

Abstract


Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan langkah-langkah pembelajaran strategi peta konsep tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X Persiapan Grafika 3 SMK Negeri I Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan langkah-langkah pembelajaran strategi peta konsep tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X Persiapan Grafika 3 SMK Negeri I Pallangga Kabupaten Gowa Hipotesis dalam penelitian ini yaitu jika langkah-langkah pembelajaran strategi peta konsep setting tipe STAD diterapkan dalam proses pembelajaran kimia pada materi pokok tatanama senyawa kimia dan persamaan reaksi ,hukum-hukum dasar dan perhitungan kimia ,maka hasil belajar kimia siswa kelas X Persiapan Grafika 3 SMK Negeri 1 Pallangga akan meningkat. Pendekatan yang digunakan yaitu dengan metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pengamatan, tes, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif. Hasil penggunaan pembelajaran strategi peta konsep setting tipe STAD yaitu dapat mempermudah siswa dalam memahami materi tatanama senyawa kimia dan persamaan reaksi ,hukum-hukum dasar dan perhitungan kimia dan dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X Persiapan Grafika 3 SMK Negeri 1 Pallangga. Pada hasil tes tindakan siklus I 21 siswa yang tuntas (52,50 %) . Pada tindakan siklus II hasil belajar siswa meningkat, di mana 36 siswa ( 90 %) yang memperoleh nilai ketuntasan di atas 75 dan nilai tertinggi dicapai 87 dengan nilai rata-rata 78,25 %.
Kata Kunci: hasil belajar, strategi peta konsep, tipe STAD


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 70 times | PDF view : 281 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.