KONTRIBUSI PROGRAM PRAKTIK INDUSTRI DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK

Nuur Wachid Abdulmajid(1*),

(1) Universitas Alma Ata
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v3i1.2612

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi program PI melalui proses pembelajaran di tempat kerja; dan (2) hasil kompetensi siswa setelah mengikuti program PI di tempat kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada analisis model interaktif Miles & Huberman, meliputi pengumpulan data, data condensation, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses perolehan kompetensi TIK dalam program PI melalui: (1) proses untuk memperoleh kompetensi di tempat industri, meliputi: (a) melalui pengamatan dan mendengarkan, (b) belajar sambil menyelesaikan tugas (learning by doing) dan mengikuti aktivitas kerja, (c) belajar melalui pengalaman, (d) belajar memecahkan masalah, (e) belajar melalui kondisi lingkungan kerja, (f) belajar mandiri, dan (g) belajar secara terus menerus dan diulang-ulang; dan (2) hasil yang didapat siswa setelah mengikuti program PI adalah mampu menunjukkan perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dapat dideskripsikan antara lain: pengetahuan terkait dunia kerja, keterampilan kerja, kemampuan menyelesaikan pekerjaan, dan sikap yang berkaitan dengan DUDI.

Kata Kunci: Program PI, proses belajar, hasil belajar, SMK


Article Metrics

Abstract view : 209 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.