PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN COMPETENCE BASED TRAINING (CBT) BERBASIS KOMPETENSI KERJA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Riana Taking Mangesa(1*),

(1) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v3i2.2604

Abstract


Satu diantara beberapa tujuan penelitian pengembangan model pembelajaran Competensi Based Training (CBT) pada bidang teknik komputer jaringan (TKJ), adalah pengembangan perangkat pembelajaran.Sehingga tulisan ini bertujuan untuk menemukan cara mengembangkan perangkat pembelajaran sebagai bahan ajar CBT dalam bidang TKJ di SMK. Penelitian ini merupakan Research & Development. Menurut Gall,M.D.,Gall,J.P&Borg,W.R, melalui tahapan penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi menjadi lima tahapan yaitu: (1) tahap analisis kebutuhan; (2) perancangan dan pengembangan; (3) validasi; (4) ujicoba dan (5) evaluasi. Pada tahap pengembangan, model dikembangkan mengacu pada model Systematic Curriculum & Instructional Development (SCID). Hasil penelitian pada tahap perancangan dan pengembangan adalah, ditemukan prototipe perangkat pembelajaran CBT.
Kata Kunci: CBT, Perangkat Pembelajaran Berbasis Kompetensi Kerja.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 399 times | PDF view : 340 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.