PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MAHASISWA PKK FT UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Syamsidah - Syamsidah(1*),

(1) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v3i2.2603

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research), bertujuan mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa pada mata kuliah pengetahuan bahan makanan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 ( dua ) kelas B Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, dengan jumlah mahasiswa 42 orang. Lokasi penelitian di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Teknik pengumpulan data dilakuakan dengan cara sebagai berikut: 1) Data mengenai kualitas belajar di kumpulkan pada saat pelaksanaan tindakan dengan menggunakan lembar observasi. 2) Data mengenai hasil belajar mahasiswa diambil pada saat tes evaluasi. Selanjutnya analisis data dilakukan sesuai dengan kecenderungan yang terjadi pada setiap siklus dengan menggunakan penilaian secara verbal (aktivitas serta sikap yang teramati atau diambil dari data observasi dan evaluasi).
Hasil penelitian menemukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (PKTPS) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran setelah mahasiswa diberi prakondisi yang memadai sehingga memiliki kesiapan materi yang cukup untuk berdiskusi. Kegiatan ini diberikan dalam bentuk pemberian tugas bacaan kelompok atau individual satu minggu sebelum perkuliahan. Setelah melewati dua siklus tindakan kelas model PKTPS dipandang cukup memadai dalam upaya meningkatkan kualitas belajar mahasiswa adalah (1) apersepsi, (2) tutorial dan orientasi permasalahan pembelajaran, (3) diskusi kelompok untuk pemecahan masalah pada Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM), dengan tahapan think atau berpikir (secara individu) selanjutnya tahappair atau berpasangan (berdiskusi dengan pasangannya) kemudian share ( bergabung dengan pasangan lain dalam kelompoknya) membentuk kelompok berempat atau berenam. Kemudian kelompok ini mendiskusikan tugas-tugas yang belum diselesaikan atau hal-hal yang belum dipahami ketika diskusi, kemudian menetapkan hasil akhir jawaban kelompoknya (4) diskusi kelas dan klarifikasi serta (5) penutup pembelajaran.

Kata kunci: Kualitas Pembelajaran, Model think pair share


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.