ANALISIS KONSISTENSI DAN VALIDITAS ASESMEN TEMAN SEJAWAT OLEH MAHASISWA DAN ASESMEN UNJUK KERJA OLEH DOSEN DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Syahrul Syahrul(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v2i1.2582

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsisten dan validitas hasil asesmen teman sejawat (ATS) oleh Mahasiswa dan hasil Asesmen Unjuk Kerja (AUK) oleh Dosen dalam kegiatan pembelajaran praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Unit analisis adalah mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah Praktikum sebanyak 135 orang, pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Data penelitian adalah berupa hasil belajar praktikum mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menerapkan Asesmen Teman Sejawat oleh mahasiswa dan Asesmen Unjuk Kerja oleh Dosen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi dan t-Tes.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) hasil penilaian terhadap prestasi belajar belajar praktikum mahasiswa yang dilakukan oleh mahasiswa dalam kelompok memiliki konsistensi yang tergolong tinggi dengan hasil penilaian unjuk kerja oleh dosen. (2) hasil penilaian terhadap prestasi belajar belajar praktikum mahasiswa yang dilakukan oleh mahasiswa dalam kelompok memiliki validitas yang tergolong tinggi dengan hasil penilaian unjuk kerja oleh dosen. (3) Baik mahasiswa maupun dosen memberi respon yang sangat positif terhadap penerapan asesmen teman sejawat, karena penilaian teman sejawat dapat menumbuhkan kepuasan terhadap hasil asesmen dan dapat meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Oleh karena itu, disarankan kepada para dosen untuk dapat menerapkan metode asesmen teman sejawat secara lebih luas pada mata kuliah – mata kuliah praktikum lainnya
Kata kunci: Konsistensi, Validitas, Asesmen Teman Sejawat, Asesmen Unjuk Kerja, Mahasiswa, Dosen, Pembelajaran Praktikum,
Abstract
This study aims to determine the level of consistent and validity of the results of peer assessment by students and outcomes Performance Assessment by lecturer in practical learning activities, and how the response of students and lecturers to Peer Assessment application in practical learning activities. This study was a quasi-experimental research. The unit of analysis is the students who are taking courses Electrical Engineering Practice as many as 135 people, at Faculty of Engineering, Makassar State University. The research data is a practicum student learning outcomes. Data collection was performed by applying a peer assessment by students and Performance Assessment by the lecturer. The data analysis technique using correlation analysis and T-test. The results showed as follows. (1) the results of peer assessment have a relatively high consistency with the results of performance assessment by lecturer on student achievement in the course of the practice of electrical machines. (2) the results of peer assessment have a relatively high validity with the results of performance assessment by faculty on student achievement in the course of the practice of electrical machines. (3) Both students and teachers gave a very positive response to the application of peer assessment, because it can foster the satisfaction with the assessment result, and can increase students academic achievement. Therefore, it is recommended to the faculty to be able to apply the method of peer assessment in other practicum subjects.
Keywords: Consistency, validity, Friends Peer Assessment, Performance Assessment, Student, Lecturer, Learning Practicum

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 289 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.