Penggunaan Cisco Packet Tracer Dalam Metode Pembelajaran Saintifik

Indah Mauliana(1*),

(1) SMPN 27 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v6i1.12002

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui gambaran penerapaan pendekatan saintifik dan (2) meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan saintifik melalui penggunaan Cisco Packet Tracer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan saintifik yang dilaksanakan selama dua siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Data diperoleh dari pretest dan posttest serta observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Data tersebut kemudian dianalisis untuk membandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan saintifik. Penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran sistem komputer kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengacu pada nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I meningkat dari pretest 50,7 dan posttest 59,03 dengan selisih atau gain 0,15. P Peningkatan juga terjadi pada siklus II dengan rata-rata posttest pada siklus I 59,03 meningkat pada posttest siklus II menjadi 86,55 dengan selisih atau gain 0,6. Ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I hanya mencapai 14,81 %, namun pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dengan demikian hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Libureng.

Keywords


Pendekatan Saintifik, Cisco Packet Tracer

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, Agus. 2015. Model Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta:Arasaka.

Arikunto, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Haqiqi Nur Khoiri. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Aplikasi Cisco Packet Tracer Mobile Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jurnal IT-EDU. Volume 03 Nomor 01 Tahun 2018, (166-176) 166

https://ahmadrifai-tkj.blogspot.com/2019/08/pengertian-cisco-packet-tracker.html

Jaya, Hendra. 2014. Aplikasi Komputer. Media Grafika. Palu

Kamal. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Instalasi Listrik dengan Model Pembelajaran Talking Stick SMK Negeri 8 Teknologi Jeneponto Kabupaten Jeneponto. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar R. ,S.Pd., M.Kom., “Pengaruh Penggunaan Cisco Packet Tracer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan Di Smk Swasta Mitra Mandiri Panyabungan”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 2, pp. 61-64, Apr. 2018.

Sani, R. A. (2012). Meningkatkan profesionalisme guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Citapustaka Media Perintis.

Tampubalon, Saur. 2013. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidikan dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Zakaria ahmad. 2014. Perbandingan Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Antara yang Mendapatkan Pembelajaran dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif Piaget dan Hasweh, (Online) (http://repository.upi.edu/6615/, diakses pada 10 Juni 2017


Article Metrics

Abstract view : 18 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.