PENGEMBANGAN MODEL PENERIMAAN TEKNOLOGI VIRTUAL LEARNING ENVIRONMENT BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Sapto Haryoko(1*),

(1) Jurusan Pendiidkan Teknik Elektronika FT UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v6i1.12001

Abstract


Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana model penerimaan penggunaan virtual learning environtment (VLE) siswa SMK di Makassar; 2) Bagaimana kecocokan model penerimaan (Technology Acceptance Model) dalam menilai penerimaan pengguna terhadap virtual learning environtment (VLE) siswa SMK di Makassar; 3) Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi penerimaan teknologi virtual learning environtment (VLE) siswa SMK di Makassar. Model analisis dalam penelitian dimana digambarkan hubungan-hubungan yang akan dianalis sedangkan skala pengukuran yang digunakan pada penelitian adalah Skala Likert (Licert scale). Metode pengumpulan data yang akan dipakai adalah dengan menyebar kuesioner secara langsung kepada para siswa SMK (direct survey) Karakteristik dan batasan populasi untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah semua siswa SMK Jurusan TKJ. Sesuai dengan model analisis, maka pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik multivariat Struktural Equation Model (SEM). Sebagai alat bantu, digunakan perangkat lunak (software) LISREL 8.30. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan teknologi Teknologi Virtual Learning Environment bagi siswa SMK adalah faktor Persepsi Kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap terhadap penggunaan, dan minat perilaku menggunakan Teknologi Virtual Learning Environment; 2) Model TAM harus sedikit disempurnakan untuk memodelkan penerimaan penggunaan Teknologi Virtual Learning Environment bagi siswa SMK.; 3) Konstruk yang memiliki pengaruh terhadap penggunaan sesungguhnya adalah behavioral intention to use, yakni minat perilaku menggunakan virtual learning environment (laboratorium virtual).

Keywords


TAM, Virtual Learning Environment, virtual Lab

Full Text:

PDF

References


Abdalla, I., (2005), Evaluating Effectiveness of E-Blackboard System Using TAM Framework, diakses dari www.editlib.org/index.cfm/files/paper_21805.pdf?fuseaction=Reader.Downlo adFullText&paper_id=21805, tanggal 2 Januari 2008

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contekstual Teaching Learning/CTL). Jakarta: Depdiknas

Dick, Walker & Carey. Lou, Carey., James O. (2001). The systematic design of Instruction (5th Ed). New York. Longman

Jaya, Hendra. 2013. Pengembangan Virtual Laboratory di SMK. JETC. Elektronika FT UNM

Gagne, R, M. & Briggs L.J. (1974). Principle of Instructional Design. New york: Holt, Rinehart & Winston.

Gall, D. Meredith., Borg., Walter R.(2003). Education Research : an Introduction. (7th Edition). Allyn and Bacon.

Kripanont., N, (2007), Examining a Technology Acceptance Model of Internet Usage by Academic within Thai Business Schools, (Disertasi Doktor, Victoria University Melbourne, Australia, 2007)

Sapto Haryoko .2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, dengan pendekatan kuantitatif penerbit Makassar State University Press;

Teresa Guasch, Ibis Alvarez, Anna Espasa. 2010. University teacher competencies in a virtual teaching/learning environment: Analysis of a teacher training experience. Teaching and Teacher Education 26 (2010) 199–206


Article Metrics

Abstract view : 233 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.