Social Support Sebagai Upaya Peningkatan Self Regulated L earning Pada Siswa Dalam Mengatasi Academic Boredom Selama Pembelajaran Online

Fajar A Nawir(1), Rahmawaty Syam(2*), Agung Sesar(3), Andi Azwar Dwiyan(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pembelajaran daring yang telah dilaksanakan selama satu tahun dalam masa pandemi Covid-19 membuat sejumlah siswa mengeluh akan kebosanan akademik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan bagaimana peran social support dalam upaya meningkatkan self regulated learning untuk mengatasi academic boredom pada siswa agar pembelajaran online bisa menjadi efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan teknik studi kepustakaan (literature review). Karya tulis ini dilakukan dengan metode studi kepustakaan. Oleh karena itu, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, makalah atau artikel, jurnal dan sebagainya yang relevan dengan masalah yang akan dikaji. Dalam penelitian dibahas mengenai sejumlah penelitian yang menyatakan tentang kebosanan yang dialami siswa selama masa pembelajaran daring. Selain itu, dalam penelitian ini juga diulas mengenai peran self regulated learning dalam membantu siswa sebelum dan selama pembelajaran jarak jauh dilaksanakan. Melalui penelitian ini diperoleh bahwa sejumlah penelitian terdahulu mengungkapkan jika dukungan sosial (social support) dapat meningkatkan self-regulated learning. Peran social support yaitu memberikan kesadaran bagi siswa melalui dorongan emosional, apresiasi, dan informasi dengan harapan siswa akan lebih termotivasi mengikuti self-regulated learning. Dapat disimpulkan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, dapat dimulai dengan mengupayakan social support dalam mengoptimalkan self regulated learning pada siswa agar tidak cepat mengalami academic boredom. Kelemahan dalam penelitian ini adalah karena tidak melakukan pembuktian secara empiris dengan menggunakan teknik penelitian kuantitaif untuk menilai validitas informasi yang disajikan

Keywords


social support, self-regulated learning, academic boredom

Full Text:

PDF

References


Anggelika, K. F. (2019). Social Support , Self-Regulation Learning and Student Engagement in High School Students. International Journal of Research Publication, 43 No 1(51), 1–9.

Alfina, I. (2014). Hubungan Self-Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Akselerasi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 60-66

Azmi, S. (2016). Self Regulated Learning Salah Satu Modal Kesuksesan Belajar dan Mengajar. 19–20.

Blaschke, L. M. (2012). Heutagogy and lifelong learning: A review of heutagogical practice and self-Determined learning. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 13(1) , 56-71.

Blume, F., Schmidt, A., Kramer, A. C., Schmiedek, F., & Neubauer, A. B. (2021). Homeschooling during the SARS-CoV-2 pandemic: the role of students’ trait self-regulation and task attributes of daily learning tasks for students’ daily self-regulation. Zeitschrift Fur Erziehungswissenschaft, 24(2), 367–391. https://doi.org/10.1007/s11618-021-01011-w

Carter, R. A., Rice, M., Yang, S., & Jackson, H. A. (2020). Self-regulated learning in online learning environments: strategies for remote learning. Information and Learning Science, 121(5-6), 311–319. https://doi.org/10.1108/ILS-04-2020-0114

Chen, C. M., & Huang, S. H. (2014). Web-based reading annotation system with an attention-based self-regulated learning mechanism for promoting reading performance. British Journal of Educational Technology, 45(5), 959–980. https://doi.org/10.1111/bjet.12119

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.

Kasih, A. P. (2020). 47 Persen Anak Indonesia Bosan di Rumah, Akademisi IPB Beri Saran. Kompas2. https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/13/162554571/47-persen-anak-indonesia-bosan-di-rumah-akademisi-ipb-beri-saran?page=all. Diakses Tanggal 4 Agustus 2021.

King, F., Young, M.F., Drivere-Richmond, K. & Schrader, P., G. (2001). Defining distance learning and distance education. AACE journal, 9(1),1-14.

Lidiawati, K. R., & Helsa. (2021). Online Learning during Covid-19 Pandemic : How Self-Regulated Learning Strategies Impact Student Engagement ? Jurnal Psibemetika, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v14i1.2570

Ramanda, R., Akbar, Z., & Wirasti, R. A. M. K. (2019). Studi kepustakaan mengenai landasan teori body image bagi perkembangan remaja. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 120 - 134. http://dx.doi.org/10.22373/je.v5i2.5019

Rahmasari, A. F., Setiawan, F., & Faradita, M. N. (2020). Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surabaya. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 158–168. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa


Article Metrics

Abstract view : 163 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats