Efektifitas Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Matematika Trigonometri Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa

Ilmiah Ilmiah(1*), Ahmad Ridfah(2), Eva Meizara Puspita Dewi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Media Pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasimenjadi lebih jelas, efektif dan efisien. Media pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini berbasis permainan ular tangga. Media permainan ini diharapkan dapat membantu siswa untuk memudahkan memahami materi dan dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 orang siswa dari SMA Al Mazaakhirah sebagai kelompok eksperimen dan 15 orang siswa dari SMA 3 Pinrang sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA. Penelitian ini terdiri dari 3 hipotesis dan hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga Ha diterima dan Ho ditolak. Media permainan ular tangga pada Pembelajaran Matematika trigonometri efektif untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Media permainan ular tangga pada Pembelajaran Matematika trigonometri efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Media permainan ular tangga pada Pembelajaran Matematika trigonometri efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam penerapan pembelajaran di sekolah.

Keywords


Media Permainan Ular Tangga, Pembelajaran Matematika Trignometri, Minat dan Motivasi.

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Supriyono. 2014. Psikologi Belajar.

PT. Rineka Cipta.

Afandi, R. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77.

https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450.

Anggraini, D. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 324- 333.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada .

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Rajawali Press. Aqib, Z. 2013. Model-model, Media, dan Strategi

Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya.

Churun L. Maknun. 2018. Desain Didaktis Materi Trigonometri SMA: Menjembatani Konsep Trigonometri sebagai Perbandingan Sisi Segitiga dan sebagai Fungsi. Repository.Upi.Edu, 2504.

Dewi, T. L. 2017. Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Pips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Wilayah Waktu Di Indonesia. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2091- 2100.

D. Andarwati dan K. Hernawati. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan Penemuan Terbimbing berbantuan Geogebra untuk Membelajarkan Topik Trigonometri pada Siswa Kelas X SMA. Prosiding Pendidikan.

Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta. Fatmawati, A. 2016. Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X. EduSains, 4(2), 1.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Hamzah B. Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Hewi, L., & Shaleh, M. 2020. Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41.

https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: DIVA Press

Marta, F. N. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Berbantuan Media Permainan Ular Tangga terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Edutcehnologia, 3(2), 84- 92.

Masrukah, M., Nahrowi, M., & Anis, M. B. 2020. Efektifitas Media Permainan Ular Tangga Bermotif Bangun Datar Pada Pembelajaran

Matematika. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah, 3(1), 10–17.

https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/articl e/view/4526

Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Mulyawati, C., Salmawati, S., Subianto, M., & Wafdan, R. 2017. Teaching Media Development of Mathematic in the Materials Trigonometry Sum and Two Angles Difference By Using Gui Matlab. Jurnal Natural, 17(2), 69.

https://doi.org/10.24815/jn.v0i0.7032

Nahdlatul, U., Surakarta, U., Mercu, U., & Yogyakarta, B. 2021. Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini Khomsin 1 , Rahimmatussalisa 2 Article Info Abstract. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33.

Nazhifah, N. 2021. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sriwijaya 2021

Novitasari, D. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8.

https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Pattimura, S. 2018. Jurnal Pendidikan Tambusai Jurnal Pendidikan Tambusai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 1.

Pujiono, E. 2017. Penerapan Model Student Team Achievement Division (STAD) dengan Media Permainan Ular Tangga (Snakes And Ladders Game) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah pada Materi Kerajaan Hindu– Budha. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 213-221.

Putri, A. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Berbantu Media Ular Tangga Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 2, 5(2), 1- 13.

Rahmadani, S., Rasmiwiitti, & Azmi, J. 2015. Penggunaan Media Permainan Ular Tangga

untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas XI SMA As-shofa Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 2(1), 1–10.

Rachman, A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD Mengunakan Media Ular Tangga dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IS MAN Darul Ulum Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 2(3), 12-21.

Ranti Purnanindya. 2013. Pengembangan Game Edukasi Ular Tangga sebagai Media Pembelajaran TIK untuk murid kelas 3 SDN Pojokuman 2 Yogyakarta. Jurnal Media Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta

Sartikaningrum Ria. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Akuntansi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel. Skripsi. Fakultas Ekonomi.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan: Jakarta. Prenada

Sibarani, J. D., Gusmania, Y., & Hanggara, Y. 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Materi Trigonometri Kelas X IPS 2 Sman 17 Batam. Cahaya Pendidikan, 6(2), 128–138.

https://journal.unrika.ac.id/index.php/journalcah ayapendidikan/article/view/2

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT. RIneka Cipta.

Suryabrata, S. 2002. Pengembangan Alat Ukur Psikologis.

Andi.

Widianto, D. 2016. Pengembangan Permainan Ular Tangga Dalam Bentuk Koleksi Kartu Pembelajaran Untuk Memahami Konsep- Konsep Materi Pelajaran Sejarah Kelas X Di Sma Negeri 1 Sidoarjo. Avatara, 5(1), 1472–1480.

Yulinar, D., Tandililing, E., & Mahmuda, D. (2013). Efektifitas Penggunaan Media Ular Tangga Untuk Materi Suhu. 1–9.


Article Metrics

Abstract view : 1095 times | PDF view : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats