PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL MENGGUNAKAN AUGEMNETED REALITY

Titin Jumriah(1*), Mustari S Lamada(2), Jumadi M Parenreng(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/metrik.v19i2.31621

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil pengembangan modul elektronika analog dan digital menggunakan augmented reality, (2) kelayakan modul elektronika analog dan digital menggunakan augmented reality, (3) kepraktisan modul elektronika analog dan digital menggunakan augmented reality. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) implement (implementasi), dan (5) evaluate (evaluasi). Subjek uji coba desain produk adalah ahli materi/konten, sedangkan subjek uji coba produk adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro berjumlah 3 mahasiswa untuk uji coba one to one,  10 orang untuk uji coba kelompok kecil dan 37 orang untuk uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu, wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi, kemudian dinalaisis data kevalidan instrumen, kelayakan dan kepraktisan modul elektronika analog dan digital. Hasil menunjukkan bahwa (1) pengembangan modul elektronika analog dan digital mengacu pada model pengembangan ADDIE. (2) kelayakan modul elektronika analog dan digital dinyatakan layak dengan tingkat presentasi 94% dan termasuk kategori sangat baik berdasarkan pengujian ahli. (3) kepraktisan modul elektronika analog dan digital dinyatakan cukup praktis berdasarkan olah data dengan presentasi 90% sehingga dinyatakan sangat praktis berdasarkan uji coba lapangan

Keywords


Modul, Elektronika Analog dan Digital, Augmented Reality

Full Text:

PDF

References


T. P. I. P. Fip-Upi, “Ilmu dan aplikasi pendidikan,” Bandung: Imperial Bhakti Utama, 2007.

I. Yusniawati, “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Menggunakan Media Interaktif Animasi 3 Dimensi pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Tlobo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011.

P. Dr, “Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,” CV. Alfabeta, Bandung, 2008.

R. M. Branch, Instructional design: The ADDIE approach, vol. 722. Springer Science & Business Media, 2009.

A. Suharsimi, “metodelogi Penelitian,” Yogyakarta: Bina Aksara, 2006.

Syamsurijal, “Observasi Awal,” Jul. 2021.

D. Daryanto, Menyusun Modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

A. D. Daryanto and A. Dwicahyono, “Pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, PHB, bahan ajar),” Yogyakarta: Gava Media, 2014.


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License