Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Konversi Bilangan Digital

Muhammad Ihsan Zulfikar(1*), Muhammad Yusuf Mappeasse(2), Hasrul Hasrul(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/metrik.v19i2.31526

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Konversi Bilangan Digital dan (2) untuk mengetahui tanggapan pengguna terhadap Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Konversi Bilangan Digital. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan model pengembangan 4D. Tahapan proses penelitian ini antara lain: tahap Define; tahap Design; dan tahap Develop. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah Mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Validasi ahli meliputi validasi yang dilakukan oleh delapan orang ahli yang meliputi aspek instrumen penelitian, aspek media, aspek program, dan aspek materi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) berdasarkan saran-saran dan hasil penilaian para ahli serta pengujian yang dilakukan kepada subjek/ sasaran penelitian, maka dihasilkan sebuah produk akhir Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Konversi Bilangan Digital. (2) Hasil tanggapan pengguna terhadap media yang dikembangkan, dapat disimpulkan bahwa: berdasarkan uji coba one to one, media dinyatakan baik; berdasarkan uji coba kelompok kecil, media dinyatakan sangat baik; berdasarkan uji coba diperluas, media dinyatakan sangat baik.


Keywords


Media Pembelajaran, Konversi Bilangan Digital, Berbasis Android

Full Text:

PDF

References


H. Budiman, “Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan,” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, pp. 31–43, 2017.

M. Ngafifi, “Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya,” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, vol. 2, no. 1, 2014.

R. M. Andri and M. P. SP, “Peran dan fungsi teknologi dalam peningkatan kualitas pembelajaran,” Jurnal Ilmiah Research Sains, vol. 3, no. 1, 2017.

W. Wahjono, “Peranan Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Memudahkan Transfer Knowledge Dalam Dunia Pendidikan,” Jurnal Ilmiah Infokam, vol. 11, no. 5, 2015.

A. Heriyanto and S. Haryani, “Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis education game sebagai media pembelajaran kimia,” Chemistry in Education, vol. 3, no. 1, 2014.

A. D. Fatma and C. F. Partana, “Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis android terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia,” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, vol. 5, no. 2, pp. 229–236, 2019.

W. Hapsari, H. Wibawanto, and I. M. Sudana, “Pengembangan Mobile Learning Teknik Digital Bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro,” Journal of Vocational and Career Education, vol. 2, no. 1, 2017.

S. Thiagarajan, “Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.,” 1974.

P. Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (D. Sutopo. S. Pd, MT, Ir,” Bandung: Alfabeta, 2019.

S. Azwar, Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar. Yogyakarta, 2004.


Article Metrics

Abstract view : 90 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License