PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Fadli A. M Mandagi(1*), Marthen Palobaran(2), Sudirman Sudirman(3),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banggai
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Gowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v19i1.27296

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan kelas XI Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dalam pembelajaran perawatan mekanisme katup dan kelengkapannya melalui penerapan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas XI Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan instrumen checklist dan tes unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diterapkannya model problem based learning dalam materi perawatan mekanisme katup dan kelengkapannya, dapat meningkatkan tingkat berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar serta mencapai tujuan pembelajaran dengan rincian sebagai berikut: (a) meningkatnya keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan model dengan kategori sangat tinggi sebanyak 38 Peserta didik (71,69%), kategori tinggi sebanyak 12 Peserta didik (22,64%), kategori rendah sebanyak 3 Peserta didik (5,66%) dan kategori sangat rendah yaitu sebanyak 0 Peserta didik (0%); (b) penerapan pembelajaran model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik sebesar 33,97%; dan (c) Hasil belajar Peserta didik setelah penerapan model problem based learning, peserta didik yang mencapai Standar Ketuntasan Minimum sebanyak 53 Peserta didik (100%).

Keywords


penelitian tindakan kelas, berpikir kritis, hasil belajar, problem based learning.

Full Text:

PDF

References


A. Mukhadis, Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup di Era Globalisasi, Jurnal pendidikan karakter. Vol. 4, No. 2 (2013), DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1434, 2013.

M. Pavlova, Technology and vocational education for sustainable development empowering individuals for the future, New York: Springer Science & Business Media B.V, 2009.

E. Glazer, Problem based instruction, In M. Orey (Ed.), Emerging perspective on learning, teaching, and technology, Diambil dari https://www.coe.uga.edu/epltt/ProblemBasedInstruct.htm, 2001.

Kemdikbud, Model Pembelajaran Berbasis Masalah/PBL, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013.

A. Woolfolk, Educational psychology (9th ed.), New York: Pearson, 2004.

R. Paul, & L. Elder, Miniatur guide to critical thinking concepts and tools, Dillon Beach: Foundation for Critical Thinking Press, 2008.

H. Rahmatika, R. L. Sri, & S. S. Murni, Preliminary study of PBL-based e-module development based on research results to improve students’ critical thinking skills and cognitive learning outcomes. Cite as: AIP Conference Proceedings 2330, 030046 (2021); Published Online: 02 March 2021: DOI: https://doi.org/10.1063/5.0043319, 2021.

R. I. Arends, Belajar untuk mengajar, (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto), New York: McGraw Hills, (Buku asli diterbitkan tahun 2007), 2008.

D. T. Dewi, Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol. 12 No. 1 (2020) 1-14, DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25317, 2020.

T. Pramono, & A. Suhandi, Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkankemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika, Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran).Vol. 4 No.2 7 DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i2.7979, 2020.

E. R. Cristian, I. S. Wayan, & C. Mochammad, Application of Problem-Based Learning to Enhance Students Learning Outcomes in Basic Competencies of Maintaining Brake Systems, International Journal for Educational and Vocational Studies, 3 (2) (2021), 139-145, (online) DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i2.3470, 2021.

U. Suswati, Penerapan Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia, Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127-136, DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.444, 2021.

F. Fakhriyah, Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, JPII 3 (1) (2014) 95-101, DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906, 2014.

D. Pamungkas, Mawardi, & A. Suhandi, Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Model Problem Based Learning, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol 3, No 2, (2019) pp. 212-219, DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17774, 2019.

R. D. Desriyanti, & L. Lazulva, Penerapan Problem Based Learning pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Tadris Kimiya. 1(2), 70-78, DOI: https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1247, 2016.

S. Aminah, H. Hambali, & N. Nurdiyanti, Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Virus, Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 220-227, DOI: https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.97, 2021.

Y. Y. Kusuma, Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Vol 4, No 4 (2020), DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753, 2020.


Article Metrics

Abstract view : 569 times | PDF view : 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License