PENGARUH PEMASANGAN KAPASITOR BANK TERHADAP FAKTOR DAYA PADA REEFER PLUG DI PT. PELINDO IV CABANG MAKASSAR NEW PORT

Raya Pasangkunan(1*), Sugeng A Karim(2), Hasrul Hasrul(3),

(1) Universitas Negeri Makasssar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v19i1.22231

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasangan kapasitor bank terhadap faktor daya yang ditinjau dari daya reaktif pada reefer plug. Serta untuk mengetahui pengaruh pemasangan kapasitor bank terhadap faktor daya yang ditinjau dari presentase efisiensi daya pada reefer plug. Objek pada penelitian ini adalah beban listrik pada reefer plug. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa rata-rata daya reaktif yang dikompensasi oleh kapasitor bank sebesar 51,6 kVAR, kemudian rata-rata presentase efisiensi daya listrik sebesar 27,04 %. 

Kata Kunci: Kapasitor Bank, Faktor Daya, Reefer Plug.


Keywords


Kapasitor Bank, Faktor Daya, Reefer Plug

Full Text:

PDF

References


Erik Pranata Saragih, “Analisa Pengaruh Pemasangan Kapasitor Bank Terhadap Beban Listrik Di Alfamart,” Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan, 2019. [Online]. Available: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1449

R. R. FAHLEVI, “Pengaruh Pemasangan Kapasitor Bankterhadap Faktor Daya Pada Auxiliary Equipment Di Pt Semen Baturaja Site Palembang,” Politeknik Negeri Sriwijaya, 2017.

N. Putra and A. Premadi, “Evaluasi Jatuh Tegangan Sistem Kelistrikan PLTMH Hululayang 13 KW,” Jurnal Teknik Elektro, vol. 4, no. 2, 2015.

A. S. Salsabila, “Analisis Pengaruh Penggunaan Kapasitor Untuk Perbaikan Faktor Daya Pada Sistem Distribusi 20 Kv (Studi Kasus: Pt. Pln (Persero) Ulp Leles),” Universitas Pendidikan Indonesia, 2021.

M. Ramdhani, “Rangkaian Listrik (Revisi),” Laboratorium Sistem Elektronika Jurusan Teknik Elektro. Sekolah Tinggi Teknologi Telkom Bandung, 2005.

A. K. Al Bahar, “Analisa Pengaruh Kapasitor Bank Terhadap Faktor Daya Gedung TI BRI Ragunan,” Jurnal Ilmiah Elektrokrisna, vol. 6, no. 1, 2017.

S. Noor and N. Saputera, “Efisiensi Pemakaian Daya Listrik Menggunakan Kapasitor Bank,” Poros Teknik, vol. 6, no. 2, pp. 73–79, 2014.


Article Metrics

Abstract view : 304 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License