PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL BERBASIS CORELDRAW DAN ADOBE FLASH

Muhammad Yusuf Mappeasse(1*), Hasrul Hasrul(2), Dyah Vitalocca(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v18i2.20199

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia pada mata kuliah Elektronika Analog dan Digital. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode R&D (Research and Development). R&D (Research and Development) adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru, atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggung jawabkan. Untuk mengetahui cara membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap media pembelajaran, penelitian ini dilaksanakan melalui prosedur validasi ahli sebagai validor, uji coba kelompok kecil pada 7 mahasiswa, dan uji coba kelompok besar pada 34 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan angket yang kemudian disebarkan kepada responden untuk mengetahi tanggapan mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer  terhadap Multimedia Pembelajaran Elektronika Analog dan Digital yang telah dibuat menggunakan aplikasi CorelDRAW X6 dan Adobe Flash Cs6. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis statistic deskriptif menunjukan bahwa tanggapan mahasiswa terhadap multimedia pembelajaran berbasis multimedia berada pada kategori sangat baik dengan presentase 91,2 % dan berdasarkan hasil validasi oleh ahli media bahwa media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Elektronika Analog dan Digital.

Keywords


CorelDrawX6, Adobe Flash Cs6, Media Pembelajaran, Elektronika Analog dan Digital

Full Text:

PDF

References


H. Bakri, “Desain media pembelajaran animasi berbasis adobe flash CS3 pada mata kuliah instalasi listrik 2,” Jurnal Medtek, vol. 3, no. 2, pp. 3–4, 2011.

N. Saharuddin, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ar (Augmentedreality) Pada Mata Kuliah Perangkat Keras Prodi Ptik Universitas Negeri Makassar,” Universitas Negeri Makassar, 2016.

K. S. Ivers and A. E. Barron, Multimedia Projects in Education: Designing, Producing and Assessing. Libraries Unlimited. Teacher Ideas Press, Westport, 2002.

I. A. Putri, S. Siswoyo, and W. Indrasari, “Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan lectora inspire pada materi usaha dan energi SMA,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 2, pp. 71–78, 2016.


Article Metrics

Abstract view : 505 times | PDF view : 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License