RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN MANAJEMEN BENDUNGAN BERBASIS IOT

Muh Omar Hassan ST(1*), Muh Aldhy Fatahillah(2), Muh Devan Fahresi(3), Andi Baso Kaswar(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v17i3.14965

Abstract


Pengendalian ketinggian air pada bendungan selama ini masih dilakukan secara manual dengan memanfaatkan operator manusia, yang mana dalam hal ini terkadang terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan ataupun pembacaan ketinggian air yang dikarenakan kesalahan manusia, sehingga apabila curah hujan mendadak tinggi akan sulit diketahui. Debit air yang tidak terkontrol akibat curah hujan yang ekstrem dapat membuat suatu bendungan meluap dikarenakan kurangnya informasi ke operator gerbang air. Oleh karena itu kita membutuhkan sistem yang dapat meminimalisir kesalahan manusia dengan dirancangnya sebuah sistem monitoring dan peringatan ketinggian air bendungan secara real-time melalui web. Sistem monitoring ini berdasarkan IoT atau Internet of Things, dimana satu perangkat dapat bersinergi dengan perangkat lainnya melalui internet. Sistem monitoring ketinggian air dibuat agar mudah di akses kapan saja dan memiliki cakupan wilayah yang luas. Dalam hal ini, tidak hanya pendeteksian air pada suatu lokasi, namun pada beberapa daerah aliran sungai yang mana data hasil pembacaan sensor akan dikirim menggunakan modul ESP32 yang dihubungkan ke sistem web. Sistem ini dirancang menggunakan sensor air (water sensor),  sensor hujan (raindrop sensor), arduino, pompa otomatis, dan juga ESP32 untuk mengirim data ke web.

Keywords


Sistem Monitoring, IoT, Arduino, Pompa Otomatis

Full Text:

PDF

References


J. Jamaluddin, “Bendungan Bili-Bili 1992-2016,” Phinisi Integration Review, Vol. 1, No. 2, Pp. 112–127, 2018.

H. Jawas, N. Wirastuti, And W. Setiawan, “Prototype Pengukuran Tinggi Debit Air Pada Bendung Dengan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino Mega 2560,” Jurnal Spektrum, Vol. 5, No. 1, P. 1, 2018.

A. Ghosh, A. Srivastava, A. Patidar, C. Sandeep, And S. Prince, “Solar Powered Weather Station And Rain Detector,” In 2013 Texas Instruments India Educators’ Conference, 2013, Pp. 131–134.

B. N. Getu And H. A. Attia, “Automatic Water Level Sensor And Controller System,” In 2016 5th International Conference On Electronic Devices, Systems And Applications (Icedsa), 2016, Pp. 1–4.

D. Febiharsa, I. M. Sudana, And N. Hudallah, “Uji Fungsionalitas (Blackbox Testing) Sistem Informasi Lembaga Sertifikasi Profesi (Silsp) Batik Dengan Appperfect Web Test Dan Uji Pengguna,” Joined Journal (Journal Of Informatics Education), Vol. 1, No. 2, Pp. 117–126, 2018.


Article Metrics

Abstract view : 439 times | PDF view : 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License