KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN DI SMP

Irmawati Irmawati(1*), Mariah Mariah(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v17i2.14041

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru dalam menggunakan media dan sumber pembelajaran di SMP. Lokasi pusat penelitian ini di SMP Islam Al-Azhar 24 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yang mengungkap gejala, kondisi, dan situasi baru di lokasi penelitian yang terjadi dalam kurun waktu 8 tahun. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Yakni menggambarkan data secara sistematis, akurat mengenai fakta yang ada di lokasi penelitian. Kemudian dilanjutkan dengan  penyajian data, verifikasi dan menyimpulkan data hasil penelitian. Hasil penelitian yakni : kompetensi profesional guru dalam menggunakan media dan sumber pembelajaran di SMP Islam Al-Azhar 24 Makassar, guru maupun siswa telah memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia. Yaitu dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran, menggunakan laboratorium dalam proses belajar mengajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah dan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar. Hal ini telah teraplikasi secara aktif dan rutin sesuai dengan kebutuhan materi pelajaran

Keywords


Kompetensi professional, media, dan sumber belajar

Full Text:

PDF

References


E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

_____, 2009, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

H. B. Uno, Profesi Kependidikan Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)

Irmawati, Analisis Kompetensi Profesionalisme Guru di SMP Islam Al-Azhar 24 Makassar, (Makassar, Tesis 2012), 2012.

J. Musfah, Peningkatan Kompetensi Guru, Jakarta: Kencana, 2011.

Sugiyono, MetodePenelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R & D, Bandung: Alfabeta, 2010.

Susilana, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Universitas Terbuka, 2004.

Trianto dan Triwulan, Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi dan Kesejahteraan, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Dep, Pendidikan Nasional, 2005.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.

V. Rivai dan Murni, Education Management (Cetakan kedua), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006


Article Metrics

Abstract view : 246 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License