EFEKTIVITAS PENERAPAN INTERAKTIF E-BOOK MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR PADA SISWA SMK

Alifya NFH(1*), Edi Suhardi Rahman(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negegri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v17i2.14040

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji efektivitas penerapan bahan ajar interaktif E-book mata pelajaran pemrograman dasar dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru di SMK; (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan bahan ajar interaktif E-book mata pelajaran pemrograman dasar dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru di SMK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ tahun ajaran 2019/2020. Hasil dari penelitian ini adalah:  (1) Efektivitas penerapan bahan ajar interaktif E-book dilihat berdasarkan rerata persentase tanggapan peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar  interaktif E-book adalah sebesar 88.70%  dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya sebesar 92% peserta didik memperoleh ketuntasan tes hasil belajar; (2) Faktor pendukung dalam penerapan bahan ajar interaktif E-book diperoleh dari hasil observasi selama proses pembelajaran, yakni: (a) ketersediaan LCD Projector di ruang kelas; (b) peserta didik memiliki laptop pribadi; (c) keterampilan dasar peserta didik dalam menjalankan komputer; (3)Faktor penghambat dalam penerapan bahan ajar interaktif E-book adalah ukuran laptop yang relatif besar (10-14 inci) dan berat membuat E-book tidak portable untuk dibawa kemana mana, selanjutnya keterbatasan materi, dimana E-book ini hanya membahas kompetensi dasar struktur kontrol perulangan.

Keywords


Efektivitas, Interaktif, E-book

Full Text:

PDF

References


Miskiah. 2015. Peran Bahan Ajar dalam Pembelajaran (Online), (http://bdkpalembang.kemenag.go.id/peran-bahan-ajar-dalam pembelajaran/, di akses 27 Januari 2020).

Syafril., & Zen, Zelhendri. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Kencana: Jakarta.

Vassiliou, M & Rowley, J. 2008. “Processing The Definition of "E-book (Online)”, Library Hi Tech, 26(3), 355-368, (www.emeraldinsight.com/ 0737-8831.htm).

Subanindro. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri Berorientasikan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa SMA. Prosiding Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (87-97). Yogyakarta: UNY.

Tegeh, M. I., Jampel, N.I., & Pudjawan. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta; Graha Ilmu.

Santoso,T.N.B., , Siswandari , Sawiji,H.(2018). “The effectiveness of ebook versus printed books in the rural schools in indonesia at the modern learning era”. International Journal of Educational Research Review, 3(4),77-84.

Li, Shengru., Yamaguchi, Shinobu., Takada, Jun-ichi. 2018. “ The Influence of Interactive Learning Materials on Self-Regulated Learning and Learning Satisfaction of Primary School Teachers in Mongolia ”. Sustainability. 2018( 10), 1-19.

Ayeni, A.J & Adelabu M.A. 2012. “Improving Learning Infrastructure and Environment for Sustainable Quality Assurance Practice in Secondary Schools in Ondo State, South-West, Nigeria”. International Journal of Research Studies in Education, 1(1), 61-68.


Article Metrics

Abstract view : 602 times | PDF view : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License