Pengembangan Sistem Informasi Pusat Data Dan Elektronik Dokumen Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer

Muhammad Iqbal Ahkam(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v2i1.9871

Abstract


Abstrak- Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan sebuah sistem pengelolaan pusat data dan elektronik dokumen yang berbasis web pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar dalam penunjangan proses pengelolaan dokumen dalam bentuk elektronik pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian pengembangan yaitu jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan RAD (Rappid Application Development) Jenis data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang berupa angket dan teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis statistika deskriptif. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode pengujian standar ISO 9126 melalui empat karakteristik kualitas yaitu functionality, usability, reliability dan portability.

Adapun hasil dari pengujian sistem dari segi faktor functionality dengan menggunakan metode black box testing didapatkan tanggapan dari dua validator ahli adalah sistem ini layak untuk diimplementasikan. Hasil pengujian faktor usability didapatkan dari tanggapan 30 orang responden yang berinteraksi dengan sistem didapatkan persentase frekuensi jawaban sangat setuju sebesar 80% dan jawaban setuju sebesar 20% dengan kategori tanggapan baik. Pengujian faktor reliability dilakukan dengan pengujian WAPT pro didapatkan hasil bahwa dapat di gunakan hingga 200 user sehingga sistem dinyatakan layak. Pengujian faktor portability dilakukan dengan menjalankan sistem pada lingkungan desktop dan mobile dan berhasil dijalankan.


Keywords


Dokumen Elektronik; Web; Sistem Informasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 232 times | PDF view : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Iqbal Ahkam

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK