Pemanfaatan E-Learning Berbasis Wordpress Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v2i1.9822
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran e-learning berbasis wordpress, 2) mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pembelajaran e-learning berbasis wordpress, 3) mengetahui apakah pemanfaatan e-learning berbasis wordpress dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dalam bentuk pretest-posttest control group sesign dengan jumlah populasi 124 siswa dan jumlah sampel 52 siswa. Data penelitian diperoleh dengan teknik dokumentasi, angket dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) siswa yang menggunakan pembelajaran e-learning berbasis wordpress setelah diberikan posttest diperoleh nilai rata-ratanya sebesar 84,58 dari skor maksimal 100, 2) siswa yang tidak menggunakan pembelajaran e-learning berbasis wordpress setelah diberikan posttest diperoleh nilai rata-ratanya sebesar 75,00 dari skor maksimal 100, 3) berdasarkan hasil uji hipotesis, menunjukkan bahwa nilai dan 2,009, karena , maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya pemanfaatan e-learning berbasis wordpress dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
E-Learning; Wordpress; Hasil Belajar
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 484 times | PDF view : 158 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ahyani Radhiani, Sirwan Sirwan
Terindeks:
Diterbitkan Oleh:
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,
Makassar, Telp. (0411) 889629
Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats MediaTIK