Aplikasi Line Library Menggunakan Framework Codeigniter Dan Line Api Politeknik Pos Indonesia Terintegrasi Dengan Ibeacon. (Sub Integrasi Konten Perpustakan Dengan Ibeacon Dan Line)

Ayu Permata Sari(1*), Muhammad Ayat Hidayat(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v2i1.9786

Abstract


Abstrak- Perpustakaan adalah suatu tempat bagi para mahasiswa untuk dapat memperoleh akses terhadap informasi dan pengetahuan. Perpustakaan merupakan fasilitas pendukung proses pengajaran dan pembelajaran. Dengan fasilitas perpustakaan, para mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka. Perpustakaan Politeknik Pos Indonesia sudah sangat baik dari segi keteknologiannya. Mahasiswa dapat meminjam buku, mengembalikan buku, memperpanjang buku, mencari buku dengan mengunjungi rak-rak yang ada di perpustakaan, dan juga mahasiswa dapat mencari buku di komputer. Namun, permasalahan yang terjadi adalah di perpustakaan hanya tersedia beberapa komputer yang telah tersistem sehingga mahasiswa yang ingin mencari buku dengan komputer harus antri dengan mahasiswa lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem untuk dapat mempermudah mahasiswa dalam hal mencari buku, meminjam buku, dan memperpanjang buku.

Line Library merupakan aplikasi perpustakaan berbasis android dengan menggunakan Line. Aplikasi ini digunakan untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan pencarian buku, meminjam buku, mengembalikan buku, dan memperpanjang buku di Perpustakaan. Dengan bantuan alat yaitu iBeacon yang terintegrasi dengan Line, yang akan memberikan notifikasi pada smartphone mahasiswa bahwa mahasiswa sedang berada di rak sekian dengan bantuan bluetooth. Sehingga, mahasiswa dapat melihat buku-buku pada rak tersebut melalui aplikasi Line. Mahasiswa juga dapat meminjam buku di aplikasi Line. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya.

Line Library akan berisi data buku-buku pada rak tertentu, sehingga mahasiswa dapat melihat daftar buku tanpa harus mencari di rak. Mahasiswa juga dapat melakukan peminjaman buku, pengembalian buku, dan memperpanjang buku. Sehingga, memudahkan mahasiswa tanpa harus mengantri dengan mahasiswa lainnya untuk menggunakan komputer yang ada di perpustakaan.

Keywords


Line,iBeacon; Library; Politeknik Pos Indonesia; PHP; MySQL; CodeIgniter

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 315 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ayu Permata Sari, Muhammad Ayat Hidayat

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK