PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PANGGUNG PAHLAWAN UNTK ANAK SEKOLAH DASAR
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v1i1.8274
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pengembangan game edukasi panggung pahlawan untuk anak sekolah dasar dan mengetahui tanggapan responden terhadap game edukasi panggung pahlawan untuk anak sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan mengacu pada model pengembangan 4-D yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (dissemination). Pengujian perangkat lunak menggunakan ISO 9126 yang berfokus pada karakterisik functionality, portability,usability, dan maintaibility. Pengujian aspek functionality dilakukan oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi menunjukkan bahwa aplikasi layak untuk digunakan. Pengujian portability pada beberapa jenis Laptop dengan sistem operasi yang berbeda dan hasilnya menunjukkan bahwa kualitas perangkat lunak dari sisi portability mempunyai skala sangat baik. Pengujian usability menggunakan angket kepada 20 siswa-siswi SD Kartika Wirambuana Kota Makassar, dari hasil pengujian tersebut diperoleh tanggapan yang sangat baik terhadap penggunaan aplikasi. Pengujian maintainability dilakukan dengan menguji perangkat lunak pada aspek analyzability dan aspek changebility dan hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa dari sisi maintainability aplikasi sudah sangat baik untuk digunakan. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa user memiliki tanggapan yang sangat baik terhadap media ini
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 359 times | PDF view : 109 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal MediaTIK
Terindeks:
Diterbitkan Oleh:
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,
Makassar, Telp. (0411) 889629
Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.