Rancang Bangun Aplikasi Kamus Dua Bahasa Mandar- Indonesia

Muhammad Rizal Amin(1*), Harifuddin Harifuddin(2), Firdaus Firdaus(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah aplikasi kamus dua bahasa Mandar-Indonesia (Mandar Explore) berbasis Mobile yang dapat membantu wisatawan dan masyarakat lokal mengetahui arti antara kedua bahasa tersebut, terutama bahasa Mandar. Selain itu, aplikasi ini mampu memberikan sumbangsi sebagai wujud untuk pelestarian bahasa daerah yang ada di Indonesia. Aplikasi ini juga memuat tempat objek wisata, kebudayaan dan kuliner yang membantu para wisatawan dan masyarakat lokal agar dapat mengetahui tempat objek wisata, kebudayaan, kuliner yang ada di daerah Mandar, sehingga para wisatawan dengan mudah dapat bersosialisasi saat berkunjung di daerah Mandar.

Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan System Development Life Cycle (SDLC) yaitu Prototyping yang terdiri dari beberapa tahapan: pengumpulan kebutuhan sistem, membangun prototyping, evaluasi Prototyping, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem dan menggunakan sistem. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi literatur.

Berdasarkan hasil pengujian ISO 9126 diperoleh : a) Pengujian functionality diperoleh dari penilaian ahli sistem dengan menunjukkan total skor dari kedua validator masing-masing 11 dengan presentase 100% dengan kategori sangat layak digunakan; b) Pengujian reliability berdasarkan rekapitulasi hasil perhitungan menggunakan white box, pengujian ini terbebas dari kesalahan logika; c) Pengujian portability pada sistem operasi android yang berbeda dapat berjalan dengan baik tanpa kendala; d) Pengujian usability diperoleh perhitungan hasil kuesioner diperoleh rata-rata skor SUS “73,2%” dengan kategori acceptable, hal ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dirancang dapat diterima oleh pengguna akhir dengan baik ditinjau dari aspek usability


Article Metrics

Abstract view : 24 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal MediaTIK

Terindeks:

 

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

JPTE Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: [email protected]

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.