Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro FT UNM

Syamsurijal Syamsurijal(1), Veronika Asri Tandirerung(2*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.56029

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efikasi diri mahasiswa PTE yang sedang mempersiapkan skripsi di Jurusan Teknik Elektro FT UNM, (2) kesiapan kerja mahasiswa PTE yang sedang mempersiapkan skripsi di Jurusan Teknik Elektro FT UNM, (3) pengaruh efikasi diri terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa PTE yang sedang mempersiapkan skripsi di Jurusan Teknik Elektro FT UNM. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa PTE yang memprogramkan mata kuliah skripsi tahun akademik 2022/2023 semester genap sebanyak 109 orang dan sampel penelitian sebesar  86 orang yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket efikasi diri dan kesiapan kerja. Ujicoba instrumen sebanyak 30 orang, dan untuk analisis data sebanyak 56 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian: (1) ditemukan bahwa efikasi diri mahasiswa PTE yang sedang mempersiapkan skripsi di Jurusan Teknik Elektro FT UNM berada pada kategori baik, (2) kesiapan kerja mahasiswa PTE yang sedang mempersiapkan skripsi di Jurusan Teknik Elektro FT UNM berada pada kategori baik, dan (3) Terdapat pengaruh positif dan berarti efikasi diri terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa PTE yang sedang mempersiapkan skripsi di Jurusan Teknik Elektro FT UNM

Keywords


Efikasi diri, kesiapan kerja, skripsi

Full Text:

PDF

References


P. Pool, L. D., & Sewell, “The Key To Employability: Developing A Practical Model Of Graduate Employability,” Journal Education And Training, vol. 9, no. 4, pp. 277–289, 2007.

A. C. L. Mashigo, “Factor Influencing Work Readiness of Graduate: An exploratory study,” Stellenbosch University, 2014.

A. Muspawi, M., & Lestari, “Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja,” Jurnal Literasiologi, vol. 4, no. 1, 2020.

E. Ningrum, “Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan,” Jurnal Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Indonesia, vol. 9, no. 1, pp. 1–9, 2009.

G. A. Rachmawati, “Profil Kesiapan Kerja Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia,” Universitas Pendidikan Indonesia, 2022.

A. Bandura, Self Efficacy: The Exercise Of Control. New York: Freemanand Company, 1997.

W. Susantoputri., Kristiana, M., & Gunawan, “Hubungan Antara Efikasi Diri Karier dengan Kematangan Karier Pada Remaja Di Daerah Kota Tangerang,” Jurnal Psikologi Universitas Kristen Krida Wacana, vol. 10, no. 1, pp. 67–73, 2014.

R. E. Wiharja H, Rahayu S, “Pengaruh self efficacy terhadap kesiapan kerja mahasiswa pendidikan vokasi,” Vocational Education and Technology Journal, vol. 2, no. 1, pp. 11–18, 2020.

Rahayu, “Hubungan efikasi diri dengan kesiapan kerja pada mahasiswa yang sedang mempersiapkan skripsi di Jurusan Teknik Informatika Dan Komputer UNM,” Universitas Negeri Makassar, 2022.


Article Metrics

Abstract view : 121 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syamsurijal Syamsurijal, Veronika Asri Tandirerung

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK