Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Pembuatan Slashquilt

Athsani Aqsa Madani(1*), Sukriati Firman(2), Hamidah Suryani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.54143

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis video pembuatan slashquilt pada mata kuliah kriya tekstil. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Luther yang terdiri dari lima tahapan yaitu konsep (concept), desain (design), pengumpulan data (material collecting), penggabungan (assembly), dan uji coba (testing). Instrumen pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan kuisioner (angket). Dengan jumlah responden 10 orang mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga angkatan 2019 dan 2020 yang telah melulusi mata kuliah Kriya Tekstil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu: Kelayakan media pembelajaran berbasis video pembuatan slashquilt mencapai kategori sangat layak dari hasil validasi ahli materi dengan presentase sebanyak 94,5% dan 89,1%, dari hasil validasi ahli media memperoleh presentase sebanyak 95% dan 89% dengan kategori sangat layak, dari responden mahasiswa mendapatkan presentase 91,2% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan keseluruhan hasil presentase penilaian kelayakan media pembelajaran berbasis video pembuatan slashquilt termasuk dalam kategori sangat layak, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah kriya tekstil.

Keywords


Pengembangan; Media Pembelajaran; Video; Slahsquilt

Full Text:

PDF

References


J. Julia, dkk, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Musik Berbasis Digital untuk Sekolah Dasar. Jawa Barat: CV. Caraka Khatulistiwa.

Anggareni, 2019. Pengembangan Video Pembelajaran Pembuatan Saku Passepoille Mata Pelajaran Teknologi Menjahit pada Siswa Kelas X Tata Busana SMK Karya Rini Yhi Kowani. Jurnal Pendidikan Teknik Busana, 8(7), pp.1-10.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Ketut Agustini, 2019. Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mengunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), pp.1-17.

Afifathul Khoirunnisa, 2022. Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Pembuatan Pola Busan Secara Digital pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri Kelas XI di SMKN 3 Kediri. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 12(5), pp.1-7.


Article Metrics

Abstract view : 71 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Athsani Aqsa Madani, Sukriati Firman, Hamidah Suryani

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK