Pengembangan Media Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru SMP Kab. Takalar

Fathahillah Fathahillah(1*), Rachmaniar Rachmaniar(2), Muh. Zainuddin R. Kasau(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.54142

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan game edukasi sebagai media pembelajaran dan (2) mengetahui kelayakan game edukasi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Dick & Carey yang kemudian diintegrasikan dengan model pengembangan menurut Borg & Gall serta model Luther. Penelitian ini dilakukan di SMP Kabupaten Takalar dengan subjek penelitian game edukasi sebagai media pembelajaran di SMP. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli materi, dua ahli media. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan instrumen angket serta teknik analisis deskripstif. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pengembangan game edukasi dengan model Dick & Carey yang kemudian diintegrasikan dengan model pengembangan menurut Borg & Gall serta model Luther menghasilkan game edukasi yang terdiri dari halaman utama, level game, skor tertinggi, menu materi dan pengaturan. (2) Berdasarkan penilaian oleh ahli materi didapatkan rerata skor 77 dari rerata skor maksimal 104 dengan kategori “layak”. Berdasarkan penilaian oleh ahli media didapatkan rerata skor 93 dari rerata skor maksimal 104 dengan kategori “sangat layak”. Rerata skor yang diperoleh dari penilaian oleh siswa sebesar 63,59 dari rerata maksimal sebesar 80 dengan kategori “layak” digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran.

Keywords


Game Edukasi; Media Pembelajaran; Guru SMP

Full Text:

PDF

References


B. Murtiyasa, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika,” Surakarta FKIP Univ. Muhammadiyah Surakarta, 2012.

R. Fauziah, “Pengembangan Media Pembelajaran Games Edukasi Berbasis Android pada Konsep Jaringan Tumbuhan.” Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021.

Q. Raniyah and A. Syamsudin, “Centerred Concentration For Adhd Children Via Educational Game,” in International Conference On Special And Inclusive Education (Icsie 2018), 2019, pp. 422–426.

F. Fathahillah, “Educational Game Development for Improving Student Learning Outcomes in Vocational High School,” in 1st World Conference on Social and Humanities Research (W-SHARE 2021), 2022, pp. 315–319.

F. Fathahillah, M. Nurdin, F. Fitria, and P. Purnamawati, “Development of Educational Games for Collecting the Alphabet Based on Desktop,” in 2nd World Conference on Social and Humanities Research (W-SHARE 2022), 2023, pp. 93–100.

R. Widyastuti and L. S. Puspita, “Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi pada matpel IPA tematik kebersihan lingkungan,” Paradig. Inform. dan Komput., vol. 22, no. 1, pp. 95–100, 2020.

R. E. Beaty et al., “Creativity and the default network: A functional connectivity analysis of the creative brain at rest,” Neuropsychologia, vol. 64, pp. 92–98, 2014.

A. Rengganis et al., Penelitian dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis, 2022.

N. Nasrudin, I. Agustina, A. Akrim, A. S. Ahmar, and R. Rahim, “Multimedia educational game approach for psychological conditional,” Int. J. Eng. Technol, vol. 7, no. 2.9, pp. 78–81, 2018.


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fathahillah Fathahillah, Rachmaniar Rachmaniar, Muh. Zainuddin R. Kasau

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK