Penerapan Model Pembelajaran Digital Berbasis Pendidikan Karakter di SMP Negeri 4 Bajeng

Irwansyah Suwahyu(1*), Muhammad Asriadi(2), Ninik Rahayu Ashadi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.54050

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran digital berbasis pendidikan karakter di SMP Negeri 4 Bajeng. Dalam proses penerapannya kemudian dikaji hal-hal positif yang dimunculkan dalam pembelajaran digital yang berbasis pada karakter dalam proses pembelajaran pada siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa siswa mendapatkan pengalaman yang berbeda saat diterapkan pembelajaran digital.  Kemudian siswa juga dengan pembelajaran digital berbasis karakter menjadi lebih terarah dalam penggunaan berbagai media digital dalam proses pembelajaran karena telah dibekali pengetahuan-pengetahuan terkait kemandirian, kejujuran, sikap positif, amanah dan tanggungjawab serta kedisiplinan yang mencerminkan karakter positif dalam penggunaan media pembelajaran digital di sekolah. Hal ini kemudian berdampak positif dalam proses pembelajaran ke depannya jika diterapkan oleh guru dalam pembelaran digital yang berbasiskan pendidikan karakter.


Keywords


Penerapan; Pembelajaran Digital; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


I. K. Suartama, "PENGEMBANGAN MUTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN," Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol. 43, no. 3, 2010.

S. Ni’mah, I. Rusdiana, H. Rafiah and R. L. Agustina, "PERSEPSI GURU KELAS TINGGI SDN PEMAKUAN TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19," in Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 2022.

F. R. Hadi, "STUDI LITERATUR: SUMBER DAN MEDIA BELAJAR DALAM PENANAMAN NILAI DAN KARAKTER SISWA SD," in Prosiding SENSASEDA, STKIP PGRI Banjarmasin, 2021.

Triyanto, "Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital," Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, vol. 17, no. 2, pp. 175-184, 2020.

E. F. DeRoche and M. M. Williams, "Educating Hearts and Minds. A Comprehensive Character Education Framework.," SAGE Publication, Inc, 2001.

Bogdan and Taylor, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1975.

P. R. P. I. Dewi, N. M. W. Wijayanti and I. D. P. Juwana, "EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL ASSEMBLR EDU PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMKNEGERI 4 DENPASAR," Jurnal PKM Widya Mahadi , vol. 2, no. 2, pp. 98-109, 2022.

M. Samani and Hariyahto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

I. Suyitno, "Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal," Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 3, no. 1, pp. 1-13, 2013.

Saptono, Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi, dan langkah Praktis, Erlangga, 2011.

F. Y. L. Wati, "Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar/madrasah Ibtidaiyah," Jurnal MITRA PGMI, vol. 1, no. 1, pp. 97-112, 2015.

I. Suwahyu and M. M. Fakhri, "Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PAI," Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, no. 3, pp. 836-842, 2022.


Article Metrics

Abstract view : 55 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Irwansyah Suwahyu, Muhammad Asriadi, Ninik Rahayu Ashadi

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK