Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Di SMK YAPMI Makassar

Sugeng A. Karim(1), Mustari S. Lamada(2), Mahfud Basram(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.53727

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Problem Based Learning kelas X TKJ pada mata pelajaran jaringan dasar SMK YAPMI Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment), desain penelitian Non-equivalent control grub design dengan jumlah sampel masing-masing 30 siswa terdiri dari kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 di SMK YAPMI Makassar yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian diperoleh dari tes dan dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan signifikan hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas X TKJ di SMK YAPMI Makassar.

 


Keywords


Perbedaan; PBL; Hasil Belajar; Jaringan Dasar

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. (2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Http://Kemdikbud.Go.Id/, 1–3.

Fakhri, M. M., Ihlas, M. Al, Suwahyu, I., Rahman, A., & ... (2022). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMK Negeri 2 Makassar. INTEC: Information …, 1(1), 104–109.

Nurhijrah. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Busana Industri pada Siswa SMK di Era Pandemi Covid-19. Information Technology Education Journal, 1(2), 52–54.

Sudjana. (2005). Metode Statistika (edisi ke 6). Tarsito.

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara.

Supardan, D. (2008). Menyingkap Perkembangan Pendidkan Sejak Masa Kolonial Hingga Sekarang.


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sugeng A. Karim, Mustari S. Lamada, Mahfud Basram

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK