Pengaruh Pengetahuan Keteknikan, Lingkungan Belajar, Konsep Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Empoloyality Skills Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan

Iriandhy Iriandhy(1*), Ayu Saputri Bahar(2), Akmal Hidayat(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.53197

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh pengetahuan keteknikan, lingkungan belajar, konsep diri dan motivasi belajar terhadap employability skills mahasiswa jurusan pendidikan teknik sipil dan perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto, metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif, yaknik mencari hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi sederhana dan regresi berganda dengan bantuan SPSS 20. Tahap pelaksanaan analisis meliputi : (1) analisis dekskriptif; (2) uji persyaratan analisis/uji asumsi klasik  dan; (3) uji hipotesis. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan diajukan beberapa kesimpulan penting yang merupakan inti dari hasil dalam penelitian ini yaitu pada penelitian pengaruh pengetahuan keteknikan, lingkungan belajar, konsep diri dan motivasi belajar terhadap employability skills mahasiswa jurusan pendidikan teknik sipil dan perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.yang di ukur dari ke lima variabel di atas. Berdasarkan hasil penelitian di atas lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Konsep Diri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap employability skills, namun pada pengetahuan keteknikan yang dimiliki mahasiswa tidak signifikan membangun employability skills, hal ini diduga karena kurangnya pengetahuan keteknikan yang didapatkan mahasiswa jurusan pendidikan teknik sipil dan perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Kemudian secara simultan Pengetahuan Keteknikan, lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Konsep Diri berpengaruh signifikan terhadap employability skills, dimana tolak ukur employability skills seseorang dapat diukur dari pengetahuan keteknikan, lingkungan belajar, motivasi belajar dan konsep diri yang dimiliki mahasiswa

Keywords


Pengetahuan keteknikan; lingkungan belajar; motivasi belajar; konsep diri; employability skills

Full Text:

PDF

References


21century skills, “Framework definition”. http://www.p21.org/ (diakses 30 november 2018).

Agustiani, Hendriati. Psikologi perkembangan, pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri. Bandung; PT.Refika Aditama, 2006.

Anshari, Hafi, Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya; Usaha Nasional, 1982.

Bambang, P. 2007. Metodologi Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi- nya. Jakarta: Rajawali Pers.

Conferenceboardca. “Conference board of Canada (2000)”. Online. http://www.conferenceboard.ca/topics/education/learningtools/employability-skills.aspx (diakses 22 Desember 2018

Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta; Bumi Aksara, 2008.

Dariyo agoes, “Pengetahuan Tentang Penelitian Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa” jurnal Psikologi Vol. 2 No. 1, Juni 2004.

Gulo, W. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta; Grasindo, 2005.

Handoko, T.H. 2001, Manajemen Per- sonalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE. Edisi Kedua.

Hartoyo, dkk, “Reformulasi Pendidikan Kejuruan dan Vokasi Indonesia Abad 21”. Yogyakarta, UNY, 2009.

Haryanto, "Pengertian Belajar Menurut Ahli", online http://belajarpsikologi.com/pengertian-belajar-menurut-ahli/ (diakses tanggal 27 Oktober 2018)

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2008.

Hastuti, Tri Ani, dkk. “Pengaruh Proses Pembelajaran Terhadap Pengembangan self concept Mahasiswa” (Penelitian hibah, UNY, 2011).

Neny Irawati & Nurahma Hajat , Hubungan antara Harga Diri dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMKN 48 Jakarta Timur (Jurnal Econo Sains; Jakarta, 2012)

Notoatmodjo, S. 2007. Perilaku Kesehat- an dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rine- ka Cipta.

Pratiwi, Puspa Setia. “Pengembangan Sistem Pembelajaran Berbasis Knowledge System” (Tesis, Universitas Indonesia, 2009).

Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan Teori dan Praktis. Bandung; Rosdakarya, 2011.

Rahman & Sofan Amri. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran Jakarta; Prestasi Pustakaraya, 2013.

Sahputra, Naam. “Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa”, (Tesis, USU Medan, 2009).

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta; Kencana Prenada Group, 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta; Kencana, 2008.

Cahyono setiadi, jurnal teknologi dan kejuruan, Vol 39, No.1. Malang : UM, 2016.

Soekanto, S. 2003. Sosiologi Suatu Peng- antar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suarta, I Made, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan edisi 48.Jogjakarta : UNY, 2012. “Pengembangan Konstruk Sistem Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi Vokasi”. (Disertasi, Politeknik Negeri Bali, 2012).

Widyastuti, Widyawati, dkk. dan Juliana. 2004. Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi VII.

Sudira, Putu. “Pendidikan Kejuruan di Era Industri Berbasis Pengetahuan”. (online)http://www.scribd.com/doc/253510210/Pendidikan-Kejuruan-Di-Era-IndustriBerbasis-Pengetahuan#scribd (diakses 3Januari 2018).

Supratman, Atwi. Desain Instruksional Modern, Bandung ; Erlangga, 2012.

UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 49, ayat 1


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Iriandhy Iriandhy, Ayu Saputri Bahar, Akmal Hidayat

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK