Blended Problem Based Learning: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Pembelajaran Geografi?
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.53132
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ain, T. N. (2013). Pemanfaatan Visualisasi Video Percobaan Gravity Current Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 02(02), 97–102.
Burgess, A., Roberts, C., Ayton, T., & Mellis, C. (2018). Implementation of modified team-based learning within a problem based learning medical curriculum: A focus group study. BMC Medical Education, 18(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12909-018-1172-8
Cahyono, B. (2016). Korelasi Pemecahan Masalah Dan Indikator Berfikir Kritis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.87
Diani, I. A., Rahayu, S., & Verawati, N. N. S. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.20414/konstan.v4i1.34
Idris, E., Chua, B. L., & Choy, D. (2022). Considering modes of delivery in blended PBL: a literature-based approach. ASCILITE Publications, i, e22053. https://doi.org/10.14742/apubs.2022.53
Isnaneny, F. Y., Sajidan, S., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Ums Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Inkuiri Jurnal Pendidikan Ipa. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19798
Juwitasari, R. A., & Suyono, S. (2023). Pembelajaran Materi Laju Reaksi Dengan Penataan Kurikuler Nested Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didk. Unesa Journal of Chemical Education. https://doi.org/10.26740/ujced.v12n1.p1-7
Lukitasari, M., Purnamasari, I., Utami, S., & Sukri, A. (2019). Blended-Problem-Based Learning: How Its Impact on Students’ Critical Thinking Skills? Jpbi (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia). https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.10048
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Rahmawati, I. (2022). Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Materi Bentuk Pecahan. Journal of Education Research. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.77
Septiani, D., & Susanti, S. (2021). Urgensi Pembelajaran Inkuiri Di Abad Ke 21: Kajian Literatur. Sap (Susunan Artikel Pendidikan). https://doi.org/10.30998/sap.v6i1.7784
Shimizu, I., Nakazawa, H., Sato, Y., Wolfhagen, I. H. A. P., & Könings, K. D. (2019). Does blended problem-based learning make Asian medical students active learners?: A prospective comparative study. BMC Medical Education, 19(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12909-019-1575-1
Tabbu, M. A. S., Anwar, A. M., & Unga, K. (2023). Pengembangan Metode Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa New Normal. … Technology and Education …, 01, 37–46. https://journal.diginus.id/index.php/ITEJ/article/view/43%0Ahttps://journal.diginus.id/index.php/ITEJ/article/download/43/26
Tabbu, M. A. S., Mukhtar, N. A., & Makassar, U. N. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Model Blended Learning Berbasis LMS Moodle. 01, 78–86.
Usman, U. (2019). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1), 136–150. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626
Yennita, Y., & Zukmadini, A. Y. (2021). Problem-based learning (PBL) and blended learning in improving critical thinking skills and student learning activities in biochemistry courses. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012007
Zamroni, E., Muslihati, Lasan, B. B., & Hidayah, N. (2020). Blended Learning based on Problem Based Learning to Improve Critical Thinking Ability of Prospective Counselors. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012039
Zunanda, M., & Sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2570
Article Metrics
Abstract view : 142 times | PDF view : 59 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhammad Ansarullah S Tabbu
Terindeks:
Diterbitkan Oleh:
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,
Makassar, Telp. (0411) 889629
Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats MediaTIK