Blended Problem Based Learning: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Pembelajaran Geografi?

Muhammad Ansarullah S Tabbu(1*), Erman Syarif(2), Sitti Masyitah Meliyana R(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.53132

Abstract


Implementasi model pembelajaran yang tepat diharapkan dapat meningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Blended Problem Based Learning  adalah model pendidikan yang mengintegrasikan pembelajaran tatap muka dan daring dengan kegiatan pemecahan masalah secara kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Problem Based Learning  terhadap kemampuan berpikir kritis. Rancangan penelitian ini menggunakan desain "quasy experiment" dengan pretest posttest control group a design. Penelitian ini melibatkan mahasiswa semester 4 kelas A (32 mahasiswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas B  (33 mahasiswa) sebagai kelas kontrol pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di Program Studi Pendidikan Geografi FMIPA Universitas Negeri Makassar. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes. Hasil uji hipotesis dengan independent samples tes kemampuan berfikir kritis menggunakan SPSS 23 for Windows melalui uji-t diperoleh hasil 0,030 <  0,05.  Hasil tersebut menunjukkan model  pembelajaran Blended Problem  Based Learning berpengaruh  signifikan terhadap  kemampuan  berpikir kritis mahasiswa.  Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Blended Problem   Based   Learning  efektif   digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran Geografi

Keywords


Blended Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Geografi

Full Text:

PDF

References


Ain, T. N. (2013). Pemanfaatan Visualisasi Video Percobaan Gravity Current Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 02(02), 97–102.

Burgess, A., Roberts, C., Ayton, T., & Mellis, C. (2018). Implementation of modified team-based learning within a problem based learning medical curriculum: A focus group study. BMC Medical Education, 18(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12909-018-1172-8

Cahyono, B. (2016). Korelasi Pemecahan Masalah Dan Indikator Berfikir Kritis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.87

Diani, I. A., Rahayu, S., & Verawati, N. N. S. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.20414/konstan.v4i1.34

Idris, E., Chua, B. L., & Choy, D. (2022). Considering modes of delivery in blended PBL: a literature-based approach. ASCILITE Publications, i, e22053. https://doi.org/10.14742/apubs.2022.53

Isnaneny, F. Y., Sajidan, S., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Ums Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Inkuiri Jurnal Pendidikan Ipa. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19798

Juwitasari, R. A., & Suyono, S. (2023). Pembelajaran Materi Laju Reaksi Dengan Penataan Kurikuler Nested Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didk. Unesa Journal of Chemical Education. https://doi.org/10.26740/ujced.v12n1.p1-7

Lukitasari, M., Purnamasari, I., Utami, S., & Sukri, A. (2019). Blended-Problem-Based Learning: How Its Impact on Students’ Critical Thinking Skills? Jpbi (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia). https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.10048

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Rahmawati, I. (2022). Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Materi Bentuk Pecahan. Journal of Education Research. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.77

Septiani, D., & Susanti, S. (2021). Urgensi Pembelajaran Inkuiri Di Abad Ke 21: Kajian Literatur. Sap (Susunan Artikel Pendidikan). https://doi.org/10.30998/sap.v6i1.7784

Shimizu, I., Nakazawa, H., Sato, Y., Wolfhagen, I. H. A. P., & Könings, K. D. (2019). Does blended problem-based learning make Asian medical students active learners?: A prospective comparative study. BMC Medical Education, 19(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12909-019-1575-1

Tabbu, M. A. S., Anwar, A. M., & Unga, K. (2023). Pengembangan Metode Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa New Normal. … Technology and Education …, 01, 37–46. https://journal.diginus.id/index.php/ITEJ/article/view/43%0Ahttps://journal.diginus.id/index.php/ITEJ/article/download/43/26

Tabbu, M. A. S., Mukhtar, N. A., & Makassar, U. N. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Model Blended Learning Berbasis LMS Moodle. 01, 78–86.

Usman, U. (2019). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1), 136–150. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626

Yennita, Y., & Zukmadini, A. Y. (2021). Problem-based learning (PBL) and blended learning in improving critical thinking skills and student learning activities in biochemistry courses. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012007

Zamroni, E., Muslihati, Lasan, B. B., & Hidayah, N. (2020). Blended Learning based on Problem Based Learning to Improve Critical Thinking Ability of Prospective Counselors. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012039

Zunanda, M., & Sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2570


Article Metrics

Abstract view : 142 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Ansarullah S Tabbu

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK