Analisis Tingkat Adopsi Mobile Payment di Kalangan Pengusaha Kecil dan Menengah

Hans Christian Marwi(1*),

(1) Universitas Atma Jaya Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.53035

Abstract


Jumlah pemakai smart phone saat ini semakin meningkat di kalangan umum dan pengusaha sehingga telah memudahkan penggunaannya untuk transaksi e-commerce. Dalam bidang e-commerce, sistem mobile banking menjadi salah satu sarana utama saat transaksi on line. Namun tidak semua pengguna memiliki rekening bank dan sebagian besar pemilik UKM tidak mengintegrasikan fasilitas mobile banking ke dalam sistem e-commerce mereka. Sebagai gantinya, antara lain mereka memakai sistem mobile payment yang dapat melibatkan mobile banking (harus mempunyai rekening bank) atau pihak lain yang bergerak di bidang keuangan digital (tidak harus memiliki rekening bank). Penelitian ini berusaha mengetahui seberapa besar tingkat adopsi mobile payment di kalangan pengusaha kecil dan menengah di Makassar dalam melakukan transaksi bisnis mereka sehingga dapat diketahui keuntungan-keuntungan yang mereka dapatkan dan masalah-masalah yang mereka alami agar sistem mobile payment dapat lebih ditingkatkan kemampuannya. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan survei on line dan kunjungan ke lokasi serta dilanjutkan dengan secara kualitatif dengan interview pada beberapa responden terpilih. Hasil penelitian diharapkan memberikan kontribusi untuk menyempurnakan sistem mobile payment agar penggunaannya lebih marak sehingga dapat menumbuhkan dan mengembangkan kegiatan ekonomi para pelaku UKM di Makassar.

Keywords


Mobile Banking; Mobile Payment; Usaha Kecil dan Menengah

Full Text:

PDF

References


Karsena M, Chandraa YA, Juwitasarya H, “Technological Factors of Mobile Payment: A Systematic Literature Review”, Procedia Computer Science, Vol. 157, pp. 489–498, 2019.

Mawarrini RI, Afidah NL, Pawestri AA, ,”Identifikasi Pembayaran Bergerak (Mobile Payment) yang Mengganggu (Disruptive) di Indonesia”, Perisai, Vol. 1, No. 3, pp. 215-226, 2017.

Susilo AZ, et al., “A Comparative Study of Factors Affecting User Acceptance of GO-PAY and OVO As a Feature of Fintech Application”, Science Direct, Procedia Computer Science, Vol. 161, pp. 876-884, 2019.

Adiatama MH dan Lestari DT, “Persepsi Milenial Terhadap Layanan Mobile Payment Di Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)”, e-Proceeding of Management, Vol.7, No. 2, pp. 4190-4205, 2020.

Marheni DK dan Melani G, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat untuk Menggunakan Mobile Payment pada Masyarakat Kota Batam”, JESYA Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Vol 4 No 2, pp. 804-815, 2021.

Abraham C, “Mobile Payments - A study of the emerging payments ecosystemand its inhabitants while building a business case “, DROB Labs., 2016,

Ahmed W et al., “Security in Next Generation Mobile Payment Systems: A Comprehensive Survey”, IEEE Access, Vol. 4, pp. 1-19, 2016.

Jauhari J, “Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce”, Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol. 2, No. 1, pp. 159-168, 2010.

Yazfinedi, “Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia: Permasalahan dan Solusinya”, Quantum, Vol. 14, No. 25, 2018.

Lu L, “Mobile Payments—Why They Are So Successful?”, Open Journal of Business and Management, Vol. 7, pp. 1131-1143, 2019.

Suyunchaliyeva MM, Nautiyal R., Shaikh AA, Sharma R, “The Use of Mobile Payment Systems in Post-COVID-19 Economic Recovery: Primary Research on an Emerging Market for Experience Goods”, Sustainability, Vol. 13, p. 13511, 2021.

Phonthanukitithaworn C, Sellitto C, Fong MWL, “A Comparative Study of Current and Potential Users of Mobile Payment Services” SAGE Open, October-December, pp. 1–14, 2016.

Nelloh LAM, Santoso AS, Slamet MW, “Will Users Keep Using Mobile Payment? It Depends on Trust and Cognitive Perspectives”, Procedia Computer Science, Vol. 161 pp. 1156–1164, 2019.

Gupta S, “The Mobile Banking and Payment Revolution”, The European Financial Review, February–March, 2013, Available from: www.europeanfinancialreview.com

Gaprilia G, “Penggunaan Pembayaran Digital, E-Wallet Oleh UMKM Selama Masa Pandemi”, Tempo Data Science, 2021, Available from: www.datatempo.co/.

Ulya FN, “Viral Unggahan UMKM soal Harga Makanan di GoFood Lebih Mahal, Ini Tanggapan Gojek”, Kompas, 2022, Available from: https://money.kompas.com


Article Metrics

Abstract view : 123 times | PDF view : 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hans Christian Marwi

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK