Sistem Informasi Keuangan Berbasis Web Menggunakan Pendekatan Agile

Andika Isma(1*), Aldy Kurniawan Muhlis(2), Ardiansyah Ardiansyah(3), Asriayani Asriayani(4), Della Fadhilatunisa(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.53032

Abstract


Salah satu dokumen terpenting yang memberikan informasi mengenai CV Speed Computer adalah laporan keuangan. Sistem informasi yang akan diterapkan berbasis web. Sistem informasi berbasis web untuk CV. Speed Komputer bekerja dengan cara yang membuat pengasuh tidak mungkin menggunakan keyboard dan mouse manual. Adanya sistem tersebut dapat mepermuda komposisi pencatatan dan perhitungan transaksi dan laporan keuangan pada toko tersebut serta meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi. Pada pembuatan sistem informasi ini peneliti menggunakan Metode Agile. Metode agile adalah sebuah pendekatan yang terdiri dari langkah-langkah untuk menganalisis dan merancang sistem yang dikembangkan melalui penggunaan siklus yang lebih spesifik untuk aktivitas yang dilakukan.

Keywords


Sistem Informasi Keuangan, Web, Metode Agile

Full Text:

PDF

References


S. Suhari, A. Faqih, and F. Basysyar, “Sistem Informasi Kepegawaian Mengunakan Metode Agile Development di CV. Angkasa Raya”, JATI, vol. 12, no. 1, pp. 30-45, Mar. 2022.

Suprapti, Dwi, Made Kamisutara, and Putu Artaya. "Analisa Pengujian Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Metode White Box." Seminar Nasional Ilmu Terapan. Vol. 1. No. 1. 2017.

Sayekti, Fran, and Pulasna Putarta. "Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam pengujian model penerimaan sistem informasi keuangan daerah." Jurnal Manajemen Teori dan Terapan 9.3 (2016): 196-209.

Susanto, Jon. "Sistem Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi Website Pada Toko Maestro Jaya." Conference on Business, Social Sciences and Technology (CoNeScINTech). Vol. 1. No. 1. 2021.

Prasisca, Julia, Rika Kharlina, and Christina Yunita. Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Koperasi Lister PT. PLN (Persero) Kota Palembang. (2012).

Puspasari, Oktaviani Rita, and Dendi Purnama. "Implementasi sistem keuangan desa dan kualitas laporan keuangan pemerintah desa di kabupaten kuningan." Jurnal Kajian Akuntansi 2.2 (2018): 145-159.

Faizal, Ivan, et al. "Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)." Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON) 3.2 (2021): 81-86.

Sahara, Sahara, and Leni Lestari. "Sistem Informasi Pengolahan Data Keuangan Berbasis Web pada CV Hanling Batam." JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen) 10.1 (2022): 222-231.

Suhari, Suhari, A. Faqih, and F. M. Basysyar. "Sistem Informasi Kepegawaian Mengunakan Metode Agile Development di CV. Angkasa Raya." Jurnal Teknologi dan Informasi 12.1 (2022): 30-45.


Article Metrics

Abstract view : 203 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andika Isma, Aldy Kurniawan Muhlis, Ardiansyah Ardiansyah, Asriayani Asriayani, Della Fadhilatunisa

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK