Pengembangan Sistem Informasi Homestay Berbasis Web di Kabupaten Bulukumba

Zulhajji Zulhajji(1), Iwan Suhardi(2), Ainun Safitri(3*),

(1) universitas negeri makassar
(2) universitas negeri makassar
(3) universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.52340

Abstract


Perkembangan teknologi internet dan website berkembang begitu cepat serta menjadi salah satu hal yang penting bagi kehidupan sehari-hari saat ini, website adalah media publikasi elektronik yang memiliki beragam keunggulan. Berdasarkan keunggulan tersebut pemanfaatan website dalam bidang penyewaan ataupun mencari informasi akan memberikan banyak manfaat yang sangat penting bagi pengunjung mencari informasi tentang homestay dibulukumba. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem informasi homestay berbasis web di kabupaten Bulukumba dan menguji kualitas dan kelayakan sistem berdasarkan standar kualitas ISO/IEC2501. Penelitian ini adalah Research and development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi homestay berbasis web di kabupaten Bulukumba, melakukan pengujian tingkat kelayakan sistem informasi homestay Berbasis web di kabupaten Bulukumba, dan mengetahui hasil uji pengembangan sistem informasi homestay berbasis web di kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prototype dengan tahapan: Pengumpulan kebutuhan, membangun prototype, evaluasi prototype, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem, dan penggunaan sistem. Pengujian standar kualitas ISO/IEC 25010 dengan 4 pengujian yaitu Functional suitability, Reability, Portability, dan Usability. Adapun hasil pengujian pada functional suitability yang diuji oleh ahli sistem dengan mengisi kuesioner yang berisi 44 pertanyaan yang terkait dalam sistem yang dikembangakan. Dari pengujian ini diperoleh hasil sangat baik; pada pengujian reability dengan memperoleh persentase kesuksesan 100% yang menggunakan click test, time test dan ramp test; pada pengujian portability bernilai 1 yang berarti sistem ini berjalan dengan baik diberbagai perangkat; pada pengujian usability yang di uji dengan jumlah 12 pertanyaan dengan 30 respoden memperoleh nilai dikategori sangat baik.

Keywords


Sistem Informasi; Homestay; ISO/IEC 25010

Full Text:

PDF

References


A. S. Rosana, "Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia," jurnal gema eksos, vol. 5, no. 2, pp. 144-155, 2010.

L. Ratmaja, "Homestay sebagai Pengembangan Usaha Masyarakat di Desa Wisata Kembang Kuning Kabupaten Lombok Timur," jurnal kepariwisataan indonesian, vol. 13, no. 2, pp. 37-48, 2019.

I. Fikrudin, "SISTEM INFORMASI HOMESTAY DESA WISATA," 2021.

I. Elisa, "Pengertian Penelitian Pengembangan: Tujuan, Ciri-ciri, Alasan & Caranya," 26 agustus 2021. [Online]. Available: https://penerbitdeepublish.com/penelitian-pengembangan/. [Accessed 15 Desember 2021].

R. Setiawan, "metode SLDC dalam pengembangan software," 28 7 2021. [Online]. Available: https://www.dicoding.com/blog/metode-sdlc/. [Accessed 13 2 2022].

M. D. Mulyawan, I. N. S. K. d. B. A. Swamardika and k. o. saputra, "Kualitas Sistem Informasi Berdasarkan ISO/IEC 25010:literatur review," Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 20, no. 1, pp. 15-27, 2021.

R. A. Setyawan and W. F. Atapukan, "Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire pada aplikasi android," sistem Informasi, vol. 6, no. 1, 2014.


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ainun Safitri

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK