Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Physic Education Technology (PhET) dalam Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 4 Takalar.

Muh Alkadri. S(1*), Israwati Hamsar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.52333

Abstract


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media simulasi PhET dalam model pembelajaran discovery learning berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 pada materi pokok larutan asam basa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deksriptif menunjukkan bahwa hasil belajar di kelas eksperimen rata-rata 77,91 dan di kelas kontrol rata-rata 74,53. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa data kelas eksperimen dan kelas kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji Mann-Whitney dengan = 0,05 dan diperoleh Zhitung > Ztabel (1,95 > 1,64). Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media simulasi PhET dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 4 Takalar pada materi pokok larutan asam basa.


Keywords


simulasi PhET, discovery learning, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Aminah, Siti. Doyan, Aris. Hikmawati. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dengan Bantuan Simulasi PhET Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. J. Pijar MIPA. Vol. 15, No. 3, 2020.

Atmawinaldi, Rian. Andi Ifriany Harun. Rody Saputra Sartika. Pengaruh Media Physic Education Technology (PhET) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Molekul. Jurnal Pendidikan UNTAN. Volume 1, Nomor 1, 2019.

Fencl, J. Using PhET Simulations in the Physics First Classroom: An Alternative to Traditional Laboratories and teaching Style. Master Paper of Science in Education – Physics, 2013.

Finkelstein, N. High-Tech Tools for Teaching Physics: the Physics Education Technology Project. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching. Volume 2, Issue 3, 2006.

Keter, K J. Barchok, H. K. Nge’no, J. K. 2014. Effect of Cooperative Mastery Learning Approach on Students’ Motivation to Learn Chemistry by Gender. Journal of Education and Practice. Volume 5, Issue 8.

Ki’i, Oktavianus Ama dan Dewa, Egidius. Simulasi PhET sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Model Pembelajaran Team Games Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA). Vol. 3, No.2, 2020.

Marlinda, Abdul Halim, dan Ilham Maulana. Perbandingan Penggunaaan Media Virtual Lab Simulasi PhET (Physics Education Technology) dengan Metode Eksperimen terhadap Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 04, No.2. Aceh: Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, 2016.

Marsita, Resti Ana. Priatmoko, Sigit. Kusuma, Ersanghono. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA dalam Memahami Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Volume 4, Nomor 1, 2010.

N.D.J. Jespersen, Brady E, Hyslop A. Chemistry: The Molecular Nature of Matter. The United States of America: Jonh Wiley and Sonc inc, 2012.

Raymond Chang. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid I. Jakarta: Erlangga, 2004.

Ririn, Blandina Isabella. Zulkarnaen. Junus, M. Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika. Volume 1, Nomor 1, 2020.

Saputra, Rozi. Susilawati. Verawati, Ni Nyoman Sri Putu. Pengaruh Penggunaan Media Simulasi PhET (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar MIPA. Volume 15, Nomor 2, 2020.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Yunus Abidin. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama, 2014.


Article Metrics

Abstract view : 150 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muh Alkadri. S

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK