RANCANG BANGUN APLIKASI HOLOGRAM UNTUK MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA 2 KOTA PALOPO

Muhammad Idham Rusdi(1*), Dianradika Prasti(2),

(1) Universitas Cokroaminoto Palopo
(2) Universitas Cokroaminoto Palopo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.52107

Abstract


Sebagai Pendukung pembelajaran biologi dasar yang semula hanya menggunakan pedoman buku ajar, maka kami membuat perancangan aplikasi android untuk penunjang pembelajaran tersebut. . Untuk menarik minat para pelajar khususnya yang berkaitan dengan rangka manusia, kami bermaksud menggunakan teknologi yang telah dikembangkan saat ini yaitu teknologi hologram.  Hologram adalah teknologi yang mampu merekam cahaya yang tersebar dari objek dan menyajikannya dalam bentuk objek 3D. Objek 3D tersebut kemudian dapat disajikan dalam bentuk 360 derajat dan dapat bergerak dengan animasi agar dapat menyampaikan informasi, baik secara real time maupun tidak. Aplikasi Hologram ini dibuat menggunakan software Unity dengan pembuatan objek 3Dnya menggunakan aplikasi Blender. Melalui perancangan dan penerapan konsep hologram ini, penulis menemukan bagaimana untuk merancang aplikasi 3D hologram, dengan membuat sistem yang akan memudahkan siswa dapat melihat informasi serta dapat memvisualkan bentuk kerangka manusia agar lebih menarik dan tetap modern sesuai dengan perkembangan zaman. Hasil akhir dari rancang bangun aplikasi menggunakan teknologi  hologram ini adalah dapat menampilkan objek 3D hologram berupa beberapa model kerangka manusia yang akan ditampilkan melalui media hologram 3D

Keywords


Media Pembelajaran; Hologram; 3D; Kerangka Manusia

Full Text:

PDF

References


Lee, H. (2013). 3D Holographic Technology and Its Educational Potential. TechTrends, 57(4), 34–39. https://doi.org/10.1007/s11528-013-0675-8

Salih, S. Q. M., Sulaiman, P. S., M., R., & Rahmat, R. W. O. K. (2017). 3D Holographic Rendering For Medical Images Using Manipulates Lighting in a 3D Pyramid Display. Journal of Advanced Science and Engineering Research, 7(June), 14–26

Hoon, L. N., & Shaharuddin, S. S. (2019). Learning Effectiveness of 3D Hologram Animation on Primary School Learners. Journal of Visual Art and Design, 11(2), 93–104. https://doi.org/10.5614/j.vad.2019.11.2.2

Fauziah Eka Safitri, Djuniadi2 (2021) Pengembangan Media Berbasis Hologram 3D Dalam Pembelajaran Tanaman Kelapa Volume 5| Nomor 1|Mei 2021|Page 87-94 Doi: https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/577 Retrieved from http://www.sign-ificance.co.uk/index.php/JASER/article/view/ 1576

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. (2016). Strategi Pemanfaatan Media Pembelajaran. In T. P. Pegawai (Ed.), Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. Depok: Pusdiklat Pegawai Kemendikbud

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya

Maulana, M. S., & Hardiansyah, A. M. F. (2017). Media Pembelajaran Pengenalan Hewan-Hewan Khas Kalimantan Berbasis Android Mobile Learning (Studi Kasus: TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5) Muhammad. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(2), 119–127

Soepriyanto, Y., Sikhabuden, & Surahman, E. (2018). Pengembangan Obyek 3D Digital Pada Meja Piramida Hologram Untuk Pembelajaran Kelas. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 333–339.


Article Metrics

Abstract view : 147 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Idham Rusdi

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK