Desain dan Efektivitas Pola Bimbingan Online untuk Skripsi Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19

Samnur Samnur(1*), Eko Hadi Sujiono(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.50909

Abstract


Telah dilakukan penelitian pola pembimbingan skripsi secara bold pada masa work from home pandemi covid-19 pada mahasiswa kelas sains dan kelas pendidikan semester genap tahun akademik 2019/2020 sampai dengan semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Subyek penelitian adalah mahasiswa yang sedang mengikuti bimbingan skripsi sebanyak 32 (tiga puluh dua) orang yang diteliti dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian telah dikaji dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa seluruh mahasiswa (100%) mengikuti Perencanaan: pembukaan kelas pembimbingan online; mengundang mahasiswa bergabung dengan menyampaikan kode akses kelas melalui fasilitas whatsapp grup atau email grup; mahasiswa menyatakan bergabung, dan Pra-pembimbingan: instruksi kelas diberikan; memberikan instruksi dengan menetapkan batas waktu pengumpulan tugas. Sedangkan untuk Proses Pembinaan: pelaksanaan diskusi kelas; pertemuan tugas mahasiswa; evaluasi tugas mahasiswa; dan umpan balik, hanya diikuti oleh 61,54% mahasiswa kelas sains dan 73,68% mahasiswa kelas pendidikan. Adapun data hasil pembimbingan: persetujuan proposal skripsi; lembar proposal seminar peeretujuan;
pelaksanaan seminar proposal; pemutaran presentasi mahasiswa; evaluasi hasil proposal seminar; dan pelaksanaan penelitian yaitu 53,85% mahasiswa kelas sains dan 73,68% mahasiswa kelas pendidikan. Diantara mahasiswa yang telah mengikuti bimbingan skripsi berani terdapat 2 mahasiswa telah sampai pada seminar hasil penelitian, dan 19 mahasiswa sampai pada tahap penelitian. Data mahasiswa yang mengikuti bimbingan skripsi berani dibedakan berdasarkan media komunikasinya yaitu menggunakan media kelas virtual dan email. Pelaksanaan bimbingan skripsi berani juga dilakukan dengan menggunakan zoom meeting dengan tujuan untuk memberikan penguatan atas komunikasi yang telah dilakukan melalui platform google classroom dan email.


Keywords


skripsi bimbingan online; efektifitas; belajar mandiri; platform google classroom

Full Text:

PDF

References


DeSantis, N. (2013, January 8). Online enrollments grow again, though many colleges are undecided on MOOCs.

Russ, C. L., Mitchell, G. W., & Durham, S. K. (2010). Components that affect success in distance learning as perceived by career and technical educators. Business Education Innovation Journal, 2(2), 73-79.

Baker, D. L. (2011). Improving pedagogy for online discussions.

Berge, Z. L. (2008). Facilitating computer conferencing: Recommendations from the field. Educational Technology, 35(1), 22-30.

Hawk, T. F., & Shah, A. J. (2007). Using learning style instruments to enhance student learning. Decision Sciences Journal of Innovative Education, 5, 1-19.

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Gregorc, A. F. (1979). Learning/teaching styles: Their nature and effects. NASSP Monograph, (October-November), 19-26.

Felder, R. M., & Silverman, L. K. (1988). Learning and teaching styles in engineering education. Engineering Education, 78, 674-681.

Dunn, R. (1990). Understanding the Dunn and Dunn learning styles model and the need for individual diagnosis and prescription. Journal of Reading, Writing, and Learning Disabilities International, 6, 223-247.

Fleming, N. D. (2001). Teaching and learning styles: VARK strategies. Christchurch, New Zealand: Author.

Allitt, P. N. (2010). The art of teaching: Best practices from a master educator. Chantilly, VA: The Teaching Company.

Antonancopoulou, E. (2006). The relationship between individual and organizational learning: New evidence from managerial learning practices. Management Learning, 37, 455-473.

Antonancopoulou, E., & Chiva, R. (2007). The social complexity of organizational learning. Management Learning, 38, 277- 295.

Binsted, D. S. (1980). Design for learning in management training and development. Journal of European Industrial Training, 4(8), 1-32.

Brockbank, A., McGill, I., & Beech, N. (Eds.). (2002). Reflective learning in practice. London, England: Gower Publishing.

Collin, A. (2007). Learning and development. In J. Beardwell & T. Claydon (Eds.), Human resource management: A contemporary approach (5th ed., pp. 260-306). Harlow, UK: Pearson.

Easterby-Smith, M., and Lyles, M. A. (Eds.). (2003). The Blackwell handbook of organizational learning and knowledge management. Oxford, UK: Blackwell.

Honey, P., & Mumford, A. (1992). Manual of learning styles (3rd Rev. ed.). London, UK: Peter Honey.

Kaufman, S. B., DeYoun, C. G., Gray, J. R., Jimenez, L., Brown, J., & Mackintosh, N. (2010). Implicit learning as an ability. Cognition, 116, 321-340.

Kolb, D. A., Rubin, I. M., & McIntyre, J. M. (1984). Organizational psychology: An experiential approach. New York, NY: Prentice Hall.

Macpherson, A., Jones, O., Zhang, M., & Wilson, A. (2003). Reconceptualising learning spaces: Developing capabilities in a hi-tech small firm. Journal of Workplace Learning, 15, 259- 270.

Pashler, H., McDaniel, M., Rohrer, D., & Bjork, R. (2008). Learning styles: Concepts and evidence. Psychological Science in the Public Interest, 9, 106-119.

Pasupathi, M. R. (2012). How we learn. Chantilly, VA: The Teaching Company.

Perry, J. K., Samuelson, L. K., Malloy, L. M., & Schiffer, R. N. (2010). Learn locally, think globally: Exemplar variability supports higher-order generalization and word learning. Psychological Science, 21, 1894-1902.

Rau, H. E. (2009). Online discussion and communities of practice. Business Education Innovation Journal, 1(2), 92-96.

Rau, H. (2012). Student reflective practices. China-USA Business Review, 11, 564-580.

Schaler, J. A. (2006). Howard Gardner under fire: The rebel psychologist faces his critics. Peru, IL: Open Court Publishing. Seagal, S., & Horne, D. (1997). Human dynamics: A new framework for understanding people & realizing the potential in our organizations. Waltham, MA: Pegasus Communications.


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Samnur Samnur, Eko Hadi Sujiono

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK