Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product)

Citra Meisarah Asril(1), Amiruddin Amiruddin(2*), Mustari Lamada(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.50827

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluasi research) yang bertujuan untuk mengevaluasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam yang terdiri dari empat aspek yaitu aspek context, aspek input, aspek process dan aspek product dengan rancangan penelitian evaluasi mixed methods. Responden pada penelitian ini berjumlah 123 mahasiswa aktif yang telah melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan data pendukung diperoleh dari pimpinan fakultas, ketua MBKM Universitas, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Mahasiswa aktif yang dijadikan responden diambil melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data diambil melalui kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aspek context menunjukkan adanya kesesuaian tujuan program dan aturan program baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan, hingga ketercapaian program MBKM, 2) aspek input menunjukkan adanya kesesuaian mengenai kesiapan mahasiswa yang mengikuti program MBKM di Fakultas Teknik yang telah dideskripsikan sebelumnya baik dari sisi pengetahuan awal mengenai program MBKM, keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan sosialisasi, pemenuhan kebutuhan mahasiswa sebelum dan sesudah pelaksanaan program MBKM, 3) aspek process menunjukkan adanya kesesuaian pelaksanaan program berdasarkan buku panduan merdeka belajar kampus merdeka, 4) pada aspek product menunjukkan adanya peningkatan keterampilan baik soft skills maupun hard skills mahasiswa setelah melaksanakan program MBKM.

Keywords


Evaluasi; MBKM; CIPP; Mix Method

Full Text:

PDF

References


Sasikirana, V., & Herlambang, Y. T. (2020). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. 8.

Arifin, S., & Muslim, Moh. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.589.

Iman, N., Ds, A., Arifin, S., & Cholifah, U. (2021). Generosity Education for Children (Case Study At Mi Muhammadiyah Dolopo Madiun). Proceedings of the 2nd International Conference on Islamic Studies, ICIS 2020, 27-28 October 2020, Ponorogo, Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Islamic Studies, ICIS 2020, 27-28 October 2020, Ponorogo, Indonesia, Ponorogo, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.27-10-2020.2304184.

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Perguruan Tinggi. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865

Widodo, H. (2021). Evaluasi Pendidikan. UAD PRESS.

Arikunto, Suharsimi & Cepi S.A.J. (2009). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Stufflebeam, D. L. (1966). A depth study of the evaluation requirement. Theory Into Practice, 5(3), 121-133.

Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (1986). Systematic Evaluation: A Self Instructional Guide to Theory and Practice. KluwerNijhoff Publishing : Boston.


Article Metrics

Abstract view : 197 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Citra Meisarah Asril, Amiruddin Amiruddin, Mustari Lamada

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK