Analisis Gaya Belajar Online Mahasiswa Pendidikan Teknik Universitas Negeri Makassar di Era Digital

Samnur Samnur(1*), Fiskia Rera Baharuddin(2), Jihan Raisa Khairah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i2.50774

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar human dynamics terhadap hasil mata pelajaran teori; hubungan antara gaya belajar human dynamics terhadap hasil mata pelajaran praktek; hubungan antara hasil belajar mata pelajaran teori terhadap nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa; dan hubungan antara hasil belajar mata pelajaran praktek terhadap nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan analisis data bersifat kuantitatif/statistik, menggunakan alat bantu berupa Software SPSS dan Software AMOS untuk menganalisis dan melihat hubungan antar variabel eksogen dan endogen. Sampel penelitian terdiri dari 140 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hubungan yang signifikan antara gaya belajar human dynamics terhadap hasil mata pelajaran praktek; terdapat pengaruh hubungan yang signifikan antara gaya belajar human dynamics terhadap hasil mata pelajaran praktek; terdapat pengaruh hubungan yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran teori terhadap nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa; terdapat pengaruh hubungan yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran praktek terhadap nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa.

Keywords


Gaya Belajar Online; Human Dymanics; Hasil Belajar; Indeks Prestasi Kumulatif

Full Text:

PDF

References


Agustin, M. D., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha melalui Self Efficacy pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2018 Universitas Negeri Surabaya. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(3), 298–313.

Bilfaqih, Yusuf dan M. Nur Qomarudin. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish

Jayusman, Iyus, and Oka Agus Kurniawan Shavab. 2020. “Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah.” Jurnal Artefak 7(1):13. doi: 10.25157/ja.v7i1.3180.

Marysca, Gabriella. 2021. “Perilaku Masyarakat Di Era Digital (Studi Di Desa Watutumou III Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara).” Angewandte Chemie International Edition 6(11):951–52.

DeSantis, N. (2013, January 8). Online enrollments grow again, though many colleges are undecided on MOOCs.

Rau, Herbert. 2014. “Learning Styles and Online Discussion Posts.” SAGE Open 4(1):215824401452798. doi: 10.1177/2158244014527988.

Sujiono, E.H. & Samnur; 2020. “Desain dan efektifitas pola bimbingan skripsi mahasisa secara daring pada masa work from home pedemi Covid-19.” (November).

Zahrah U A, Sukarno, and M. I. Sriyanto. 2021. “Analisis Gaya Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar.” Didaktika Dwija Indria 9(3):1–6.


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Samnur Samnur, Fiskia Rera Baharuddin, Jihan Raisa Khairah

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK