Praktik Guru dalam Pedagogi-Andragogi-Heutagogi sebagai Kontinum: Model Struktural dan Pengukuran

Amiruddin Amiruddin(1*), Fiskia Rera Baharuddin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i2.50773

Abstract


Wabah covid-19 telah mempercepat penggunaan pedagogi inovatif seperti andragogi dan heutagogi. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki data empiris kontinum pedagogi-andragogi-heutagogi (PAH) di dalam kelas. Hubungan antara pendekatan praksis dimodelkan dengan model persamaan struktural dengan metode partial least square estimation (PLS-SEM). Partisipan penelitian ini adalah 393 guru di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik pedagogi, andragogi, dan heutagogi saling berkorelasi secara signifikan. Praktik andragogi menunjukkan skor rata-rata tertinggi menurut tanggapan peserta. Kontinum PAH dan interaksi antara pedagogi, andragogi, dan heutagogi telah dipraktikkan di dalam kelas selama wabah Covid-19. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2022 menunjukkan bahwa kontinum PAH telah dipraktikkan di ruang kelas dan dibuktikan dengan bukti empiris.

Keywords


Pedagogi; Andragogi; Heutagogi, PAH Kontinum

Full Text:

PDF

References


WHO, "Novel Coronavirus (2019-nCoV): Laporan Situasi-3," 2020. [Online]. Tersedia: https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200123-%0Asitrep-3-2019-ncov.pdf.

N. Herlina, "Manajemen pembelajaran daring di perguruan tinggi pada masa pandemi COVID-19," J. Civ. Soc. Stud, vol. 4, no. 2, pp. 102-108, 2020.

P. W. Nugroho and M. A. Maulana, "Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh," Advice J. Bimbingan dan Konseling, vol. 3, no. 1, pp. 10-16, 2021.

D. A. Kusuma, "Dampak penerapan pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar (self-regulated learning) mahasiswa pada mata kuliah geometri selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19," Teorema Teor. dan Ris. Mat. vol. 5, no. 2, pp. 169-175, 2020.

M. I. Sayuti, "Penerapan Konsep Andragogi Pada Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis," Wahana Didakt. J. Ilmu Kependidikan, vol. 20, no. 2, pp. 310-320, 2022.

N. Amanina, B. Zaidatun, T. Kew, dan S. Na, Prinsip-prinsip pedagogis yang inovatif dan kemampuan perangkat teknologi untuk pembelajaran campuran yang imersif: tinjauan literatur yang sistematis. Springer US, 2022.

L. M. Blaschke dan S. Hase, "Heutagogi dan jaringan media digital," Pacific J. Technol. Enhanc. Learn., vol. 1, no. 1, pp. 1-14, 2019.

S. Hase dan C. Kenyon, "Dari andragogi ke heutagogi," UltiBASE In-Site, 2000, [Online]. Tersedia: https://ictlogy.net/bibliography/reports/projects.php?idp=2869〈=en.

S. Hase dan C. Kenyon, "Beralih dari andragogi ke heutagogi: implikasi untuk VET." AVETRA, Crows Nest, NSW, 2001.

L. M. Blaschke, "Kontinum Pedagogi-Andragogi-Heutagogi dan Lingkungan Pembelajaran Pribadi yang Didukung Teknologi," dalam SpringerBriefs dalam Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, O. Zawacki - Richter dan J. Xiao, Eds. Springer Singapore, 2019, pp. 75-84.

H. M. Neck dan A. C. Corbett, "Keilmuan kewirausahaan pengajaran dan pembelajaran," Entrep. Educ. Pedagog., vol. 1, no. 1, pp. 8-41, Jan. 2018, doi: 10.1177/2515127417737286.

C. Jones, K. Penaluna, dan A. Penaluna, "Janji andragogi, heutagogi, dan akademagogi untuk pedagogi pendidikan kewirausahaan dan kewirausahaan," Educ. + Train., vol. 61, no. 9, hlm. 1170-1186, Oktober 2019, doi: 10.1108/ET-10-2018-0211.

G. Santini-Hernández, "Pedagogi dan andragogi, sebuah pendekatan bersama terhadap pendidikan kewirausahaan untuk mahasiswa di pendidikan tinggi," dalam Theorising Undergraduate Entrepreneurship Education, G. J. Larios-Hernandez, A. Walmsley, dan I. Lopez-Castro, Eds. Cham: Springer International Publishing, 2022, pp. 233-251.

J. A. Kasozi, "Implikasi untuk praktik pendidikan dari orientasi pedagogis versus andragogis para pendidik guru di Botswana," 2009.

M. M. Diacopoulous dan B. M. Butler, "Pertimbangan pedagogis dan andragogis dalam pendidikan guru online," Online Teach. Learn. Teach. Educ., 2021, [Online]. Available: https://bit.ly/3prbvTa.

T. A. Adebisi dan O. Oyeleke, "Mempromosikan pengajaran dan pembelajaran yang efektif di lingkungan daring: perpaduan model pedagogis dan andragogis," Bulg. J. Sci. Educ. Policy, vol. 12, no. 1, hlm. 153-172, 2018, [Online]. Available: http://bjsep.org/getfile.php?id=263.

Z. Mingaleva dan N. Vukovic, "Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Teknik Berbasis Teknologi Kognitif dalam Kondisi Industri 4.0," Int. J. Cogn. Res. Sci. Eng. Educ., vol. 8, no. Khusus, hal. 93-101, Des. 2020, doi: 10.23947/2334-8496-2020-8-SI-93-101.

F. Patacsil dan CLS Tablatin, "Mengeksplorasi pentingnya soft skill dan hard skill seperti yang dipersepsikan oleh mahasiswa magang TI dan industri: Sebuah analisis kesenjangan," J. Technol. Sci. Educ., vol. 7, no. 3, hal. 347, Sep. 2017, doi: 10.3926/jotse.271.

M. Olazaran, E. Albizu, B. Otero, dan C. Lavía, "Hubungan pendidikan kejuruan dan industri: intensitas hubungan dan penilaian perusahaan," Stud. Pend. Educ., vol. 44, no. 12, hlm. 2333-2345, Des. 2019, doi: 10.1080/03075079.2018.1496411.

J. F. Hair, CM Ringle, dan M. Sarstedt, "PLS-SEM: Memang peluru perak," J. Mark. Theory Pract., vol. 19, no. 2, hal. 139-152, 2011, doi: 10.2753/MTP1069-6679190202.

J. F. Hair, LM Matthews, RL Matthews, dan M. Sarstedt, "PLS-SEM atau CB-SEM: pedoman terbaru tentang metode mana yang akan digunakan," Int. J. Multivar. Data Anal., vol. 1, no. 2, 2017, doi: 10.1504/ijmda.2017.10008574.

M. H. Hanafiah, "Model Pengukuran Formatif Vs. Model Pengukuran Reflektif: Pedoman untuk Penelitian Pemodelan Persamaan Struktural," Int. J. Anal. Appl., vol. 18, no. 5, pp. 876-889, 2020, doi: 10.28924/2291-8639-18-2020-876.

J. A. Malek, "Dampak pendidikan heutagogi melalui telecentre di smart village (SV)," e-BANGI J. Sosio Humaniora, vol. 12, no. 2, hal. 112-125, 2017, [Online]. Available: http://bit.ly/3HTzwfJ.

J. Bowling dan J. Henschke, "Pedagogi dan andragogi," dalam Buku Pegangan Pendidikan Orang Dewasa dan Pendidikan Berkelanjutan, Virginia: Stylus Publishing LLC, 2020.

K. Wozniak, "Pembelajaran yang dipersonalisasi untuk orang dewasa: Sebuah andragogi yang muncul," dalam Emerging Technologies and Pedagogies in the Curriculum, S. Yu, M. Ally, dan A. Tsinakos, Eds. Singapura: Springer Singapore, 2020, hlm. 185-198.

L. M. Blaschke dan S. Hase, "Heutagogi: Kerangka Kerja Holistik untuk Menciptakan Pembelajar yang Menentukan Sendiri Abad Kedua Puluh Satu," dalam Masa depan pembelajaran di mana-mana, M. Maina, Kinshuk, dan B. Gros, Eds. Springer, 2016, hlm. 25-40.

S. Hase, "Pembelajaran yang ditentukan sendiri (heutagogi): Kemana saja kita sejak tahun 2000?", South. Inst. Technol. J. Appl. Res., vol. Special Ed, no. May, pp. 1-21, 2016, [Online]. Tersedia: https://sit.ac.nz/Portals/0/upload/documents/sitjar/Heutagogy - One.pdf%0Ahttps://www.sit.ac.nz/Portals/0/upload/documents/sitjar/Heutagogy - One.pdf.

G. Shmueli dkk., "Penilaian model prediktif dalam PLS-SEM: pedoman untuk menggunakan PLSpredict," Eur. J. Markus, 2019.

J. F. Hair, J. J. Risher, M. Sarstedt, dan C. M. Ringle, "Kapan menggunakan dan bagaimana melaporkan hasil PLS-SEM," Eur. Bus. Rev. vol. 31, no. 1, pp. 2-24, 2019, doi: 10.1108/EBR-11-2018-0203.

J. F. Hair, M. Sarstedt, C. M. Ringle, dan J. A. Mena, "Penilaian penggunaan pemodelan persamaan struktural kuadrat terkecil parsial dalam riset pemasaran," J. Acad. Mark. Sci., vol. 40, no. 3, pp. 414-433, 2012, doi: 10.1007/s11747-011-0261-6.

J. F. Hair, MC Howard, dan C. Nitzl, "Menilai kualitas model pengukuran dalam PLS-SEM menggunakan analisis komposit konfirmatori," J. Bus. Res., vol. 109, pp. 101-110, Mar. 2020, doi: 10.1016/j.jbusres.2019.11.069.

J. Hulland, "Penggunaan kuadrat terkecil parsial (PLS) dalam penelitian manajemen strategis: tinjauan dari empat penelitian terbaru," Strateg. Manag. J., vol. 20, no. 2, hal. 195-204, Februari 1999, doi: 10.1002/(SICI)1097-0266(199902)20:2<195::AID-SMJ13>3.0.CO;2-7.

J. F. Hair, GT Hult, CM Ringle, M. Sarstedt, NP Danks, dan S. Ray, Pemodelan Persamaan Struktural Kuadrat Terkecil Parsial (PLS-SEM) Menggunakan R. Cham: Springer International Publishing, 2021.

J. F. Hair, GT Hult, CM Ringle, M. Sarstedt, NP Danks, dan S. Ray, Pemodelan Persamaan Struktural Kuadrat Terkecil Parsial (Partial Least Squares Structural Equation Modeling, PLS-SEM) Menggunakan R, vol. 46, no. 1-2. Cham: Springer International Publishing, 2021.

A. Diamantopoulos, M. Sarstedt, C. Fuchs, P. Wilczynski, dan S. Kaiser, "Panduan untuk memilih antara skala multi-item dan skala tunggal untuk pengukuran konstruk: Perspektif validitas prediktif," J. Acad. Mark. Sci., vol. 40, no. 3, hal. 434-449, 2012, doi: 10.1007/s11747-011-0300-3.

T. K. Dijkstra dan J. Henseler, "Pemodelan jalur kuadrat terkecil parsial yang konsisten," MIS Q., vol. 39, no. 2, hal. 297-316, 2015, [Online]. Tersedia: https://www.jstor.org/stable/26628355.

R. P. Bagozzi dan Y. Yi, "Pada evaluasi model persamaan struktural," J. Acad. Mark. Sci., vol. 16, no. 1, pp. 74-94, 1988.

H. M. Lin, M. H. Lee, J. C. Liang, H. Y. Chang, P. Huang, dan C. C. Tsai, "Sebuah tinjauan tentang penggunaan pemodelan persamaan struktural kuadrat terkecil parsial dalam penelitian e-learning," Br. J. Educ. Technol., vol. 51, no. 4, pp. 1354-1372, 2020, doi: 10.1111/bjet.12890.

S. Akter, S. Fosso Wamba, dan S. Dewan, "Mengapa PLS-SEM cocok untuk pemodelan yang kompleks? Sebuah ilustrasi empiris dalam kualitas analisis data besar," Prod. Plan. Control, vol. 28, no. 11-12, hal. 1011-1021, 2017, doi: 10.1080/09537287.2016.1267411.

G. Franke dan M. Sarstedt, "Heuristik versus statistik dalam pengujian validitas diskriminan: perbandingan empat prosedur," Internet Research, vol. 29, no. 3, hal. 430-447, Juni 2019, doi: 10.1108/IntR-12-2017-0515.

C. M. Voorhees, MK Brady, R. Calantone, dan E. Ramirez, "Pengujian validitas diskriminan dalam pemasaran: sebuah analisis, penyebab kekhawatiran, dan solusi yang diusulkan," J. Acad. Mark. Sci., vol. 44, no. 1, hlm. 119-134, 2016, doi: 10.1007/s11747-015-0455-4.

J. Henseler, CM Ringle, dan M. Sarstedt, "Kriteria baru untuk menilai validitas diskriminan dalam pemodelan persamaan struktural berbasis varians," J. Acad. Mark. Sci., vol. 43, no. 1, hal. 115-135, Januari 2015, doi: 10.1007/s11747-014-0403-8.

M. Sarstedt, CM Ringle, JH Cheah, H. Ting, OI Moisescu, dan L. Radomir, "Pemeriksaan ketangguhan model struktural dalam PLS-SEM," Tour. Econ., vol. 26, no. 4, pp. 531-554, 2020, doi: 10.1177/1354816618823921.

C. Nitzl, JL Roldan, dan G. Cepeda, "Analisis mediasi dalam pemodelan jalur kuadrat terkecil parsial," Ind. Manag. Data Syst, vol. 116, no. 9, pp. 1849-1864, Oct. 2016, doi: 10.1108/IMDS-07-2015-0302.

J. H. Cheah, J. L. Roldán, E. Ciavolino, H. Ting, dan T. Ramayah, "Penyesuaian bobot sampel dalam pemodelan persamaan struktural kuadrat terkecil parsial: pedoman dan ilustrasi," Total Qual. Manag. Bus. Excell, vol. 32, no. 13-14, pp. 1594-1613, 2021, doi: 10.1080/14783363.2020.1754125.

L. M. Blaschke, "Heutagogi dan pembelajaran seumur hidup: Sebuah tinjauan terhadap praktik heutagogi dan pembelajaran yang ditentukan sendiri," Int. Rev. res. Open Distrib. Belajar, vol. 13, no. 1, hlm. 56-71, 2012.

Z. Xie dan J. Yang, "Pembelajaran Otonom Siswa Sekolah Dasar di Rumah Selama Epidemi COVID-19: Studi Kasus Sekolah Dasar Kedua di Daxie, Ningbo, Provinsi Zhejiang, Cina," Best Evid. Chinese Educ., vol. 4, no. 2, hlm. 535-541, 2020, doi: 10.15354/bece.20.rp009.

L. M. Ribeiro, R. S. Cunha, M. C. Andrade E Silva, M. Carvalho, dan M. L. Vital, "Keterlibatan orang tua selama masa pandemi: Tantangan dan peluang," Educ. Sci., vol. 11, no. 6, 2021, doi: 10.3390/educsci11060302.

S. T. Cortes, "Pembelajaran Fleksibel sebagai Modalitas Instruksional dalam Mata Kuliah Ilmu Lingkungan selama COVID-19," Aquademia, vol. 4, no. 2, hal. ep20024, 2020, doi: 10.29333/aquademia/8444.

W. M. Naqvi dan A. Sahu, "Pergeseran Paradigmatik dalam Sistem Pendidikan pada Masa COVID 19," J. Evol. Med. Dent. Sci., vol. 9, no. 27, pp. 1974-1976, 2020, doi: 10.14260/jemds/2020/430.

S. Tümen Akyıldız, "Apakah guru abad ke-21 tahu tentang heutagogi atau masih berpegang pada pedagogi dan andragogi tradisional?", Int. J. Kemajuan. Educ., vol. 15, no. 6, pp. 151-169, 2019, doi: 10.29329/ijpe.2019.215.10.

J. Kirwan dan E. Rounell, "Membangun Kerangka Kerja Konseptual untuk Disposisi Pendidik Daring," J. Edukasi Online, vol. 12, no. 1, hlm. 30-61, 2015, doi: 10.9743/jeo.2015.1.7.


Article Metrics

Abstract view : 169 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amiruddin Amiruddin, Fiskia Rera Baharuddin